Sabtu, 25 Mei 2024

Pengunjung Wisata Romokalisari Adventure Land Tak Seramai Tahun Lalu

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Salah seorang pengunjung memberi makan rusa dengan wortel di Romokalisari Adventure Land pada Senin (15/4/2024). Foto: Ikke magang suarasurabaya.net

Romokalisari Adventure Land Surabaya menjadi salah satu opsi wisata saat libur Lebaran. Pengunjung tak hanya dari Kota Pahlawan saja, melainkan juga dari luar Surabaya.

Dari pantauan suarasurabaya.net pada Senin (15/4/2024) siang, Romokalisari Adventure Land terbilang sepi pengunjung.

Rupanya, situasi ini juga terjadi sepanjang libur Lebaran 2024. Bahkan, ada penurunan jumlah pengunjung dibandingkan tahun lalu.

Antiek Sugiharti Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Surabaya membeberkan, data pengunjung selama libur Lebaran 2024 pada 11-15 April, tercatat 1.018 pengunjung yang datang.

“Tahun kemarin lebih ramai, karena baru dibuka. Total pengunjung pada tahun lalu mencapai 4.800 orang,” Antiek kepada suarasurabaya.net.

Kura-kura menjadi salah satu satwa yang ada di mini zoo Romokalisari Adventure Land, Senin (15/4/2024). Foto: Ikke magang suarasurabaya.net

Pada saat itu, menurut Antiek, Romokalisari Adventure Land memang baru diperkenalkan ke publik. Alhasil pengunjung pun berbondong-bondong datang untuk menikmati wahana yang tersedia di sana.

“Selain itu, tahun kemarin kan memang bersamaan dengan titik balik pandemi, yang sebelumnya tidak pernah ada hiburan, dan pertama kali hiburan di buka tahun kemarin, sehingga animo masyarakat luar biasa,” bebernya

Dia menjelaskan, ada beberapa faktor yang menyebabkan penurunan pengunjung Romokalisari Adventure Land. Pertama, ada berbagai destinasi wisata baru di Surabaya.

“Faktor lainnya, ada banyak warga yang pergi keluar kota. Sehingga pilihan wisatanya di tempat lain,” ujarnya.

Perahu wisata yang sedang membawa pengunjung berkeliling di sekitar wilayah Romokalisari Adventure Land pada Senin (15/4/2024). Foto: Ikke magang suarasurabaya.net

Dikonfirmasi terpisah, Rojiun Koordinator Romokalisari Adventure Land mengakui jika pengunjung pada libur Lebaran tahun ini memang lebih sepi daripada tahun lalu.

Meski tidak sepadat tahun lalu, masih ada pengunjung yang datang ke Romokalisari Adventure Land. Ia menyebut mayoritas pengunjung berasal dari luar kota Surabaya.

“Selain dari Surabaya, pengunjung juga ada yang dari Gresik, Sidoarjo, Mojokerto, Lamongan, Bojonegoro, bahkan ada yang dari Banyuwangi juga. Tapi pengunjung yang paling dominan saat ini masih dari tetangga kita (Gresik),” terangnya.

Pada libur Lebaran kali ini, wahana yang masih menjadi favorit pengunjung adalah perahu wisata, ATV, dan berkuda. Namun, untuk wahana berkuda sementara ini tidak dioperasikan terlebih dahulu, karena masih dalam tahap perbaikan kandang setelah dilanda banjir.

Untuk diketahui, terdapat perubahan terhadap besaran tarif masuk yang di tetapkan di Romokalisari Adventure Land. Tarif masuk telah turun dari Rp10 ribu per orang menjadi Rp5 ribu per orang.

Selain itu, tarif di setiap wahana juga berbeda-beda, berikut rinciannya:
1. Perahu wisata: Rp10 ribu per orang
2. ATV trek pendek: Rp25 ribu per orang
3. ATV trek panjang: Rp50 ribu per orang
4. Sekoci: Rp10 ribu per orang
5. Kano: Rp10 ribu per orang
6. Sepeda Air: Rp10 ribu per orang. (ike/saf/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Evakuasi Kecelakaan Bus di Trowulan Mojokerto

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Surabaya
Sabtu, 25 Mei 2024
29o
Kurs