Minggu, 16 Juni 2024

Penyu Hijau, Salah Satu Satwa Langka Terdampar di Pintu Air THP Kenjeran

Laporan oleh Wildan Pratama
Bagikan
Petugas gabungan membersihkan penyu hijau setelah dievakuasi di pintu air THP Kenjeran, Minggu (4/2/2024). Foto: Dok. BPBD Surabaya

Penyu hijau jenis Chelonia Mydas ditemukan di sekitaran pintu masuk air Taman Hiburan Pantai (THP) Kenjeran Surabaya, Minggu (4/2/2024) siang sekitar pukul 13.30 WIB.

Buyung Hidayat Kabid Darlog BPBD Kota Surabaya menyatakan, penyu jenis Chelonia Mydas itu termasuk satwa yang dilindungi. Penyu hijau itu ditemukan pertama kali oleh warga sekitar.

“Keterangan Polsek Kenjeran mendapati warga menemukan satu ekor penyu di seputaran pintu air THP Kenjeran,” ujar Buyung dalam keterangannya.

Petugas belum mengetahui asal-usul penyu hijau itu dari mana hingga terdampar di THP Kenjeran. Buyung menyatakan satwa dilindungi itu dalam keadaan hidup, namun belum dites mengenai kesehatannya.

Setelah di evakuasi petugas, penyu langsung di kirim ke kantor Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) di Kutisari Selatan, Surabaya.

Buyung mengatakan, satwa dilindungi itu kemungkinan bakal dikembalikan ke habitat asalnya. “Sama seperti kemarin, dilepas lagi ke lautan,” tandas Buyung. (wld/bil/ham)

Berita Terkait

..
Surabaya
Minggu, 16 Juni 2024
31o
Kurs