Kamis, 18 April 2024

Response Time 7 Menit Pemadaman Kebakaran di Surabaya Jadi Percontohan Nasional

Laporan oleh Meilita Elaine
Bagikan
Kemendagri apresiasi response time tujuh menit Damkar Surabaya saat rakornas hari ini, Kamis (29/2/2024). Foto: Diskominfo Kota Surabaya

Program response time tujuh menit Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kota Surabaya datang ke lokasi kejadian, jadi percontohan nasional.

Laksita Rini Sevriani Kepala DPKP Kota Surabaya menyebut, response time tujuh menit pelayanan pemadaman gratis atau yang dikenal sebagai “roti tujuh lapis” itu sudah melebihi target Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) minimal 15 menit.

Response time tujuh menit ini kita sebenarnya kalau dari aturan Kemendagri itu 15 menit. Tapi Surabaya bisa tujuh menit. Nah, ini mendapatkan apresiasi yang luar biasa dari kementerian, maka dari itu Surabaya ditunjuk sebagai tuan rumah (HUT ke-105 Damkar) tahun ini,” kata Rini lewat keterangan resmi, Kamis (29/2/2024).

Rini menyebut, apresiasi itu disampaikan dalam Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pemadam Kebakaran dan Penyelematan RI di Surabaya tadi, Kamis.

Rakornas itu menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-105 Pemadaman Kebakaran dan Penyelamatan RI, yang digelar di Surabaya, Jumat (1/3/2024) besok.

“Setelah rakornas nanti, banyak dari kota lain yang antre ingin menjadikan pelaksanaan Roti Tujuh Lapis  yang dimiliki oleh DPKP Surabaya sebagai percontohan,” imbuhnya lagi.

Percontohan itu meliputi, pembentukan Sumber Daya Manusia (SDM) seperti pelatihan dan sertifikasi anggota termasuk sarana dan prasarana.

“Kok bisa Surabaya (response time) itu tujuh menit, (karena) tidak hanya pemadam kebakaran tetapi di situ, juga dilibatkan kolaborasi perangkat daerah (PD) yang lainnya. Selama ini kan juga ada CC (Command Center) room, artinya juga didukung oleh seluruh OPD, bekerja secara bergotong royong, dan ini lah yang tidak dilakukan oleh daerah lain,” ucap Rini lagi.

Ia berharap, usai rakornas serta “HUT ke-105 Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan” nanti, daerah yang belum segera membentuk damkar menjadi dinas yang mandiri.

“Semoga semakin banyak yang mandiri. Jadi tidak bergabung dengan dinas yang lain,” jelasnya.

Diketahui, Kota Surabaya jadi tuan rumah Peringatan HUT ke-105 Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan RI tahun 2024. Upacara peringatan akan dilaksanakan besok, Jumat (1/3/2024), di Lapangan KODAM V Brawijaya dan dihadiri langsung oleh Tito Karnavian Menteri Dalam Negeri (Mendagri) RI. (ita/bil/ham)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 18 April 2024
29o
Kurs