Selasa, 25 Juni 2024

Risma: Jabatan Setinggi Apa Pun, Perempuan Tetaplah Ibu

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Tri Rismaharini Menteri Sosial (Mensos) RI saat ditemui di Jakarta, Jumat (8/3/2024). Foto: Antara

Tri Rismaharini Menteri Sosial (Mensos) RI berpesan kepada para kaum perempuan untuk tidak melupakan peran perempuan sebagai ibu pada Hari Perempuan Internasional yang jatuh pada, Jumat (8/3/2024)  hari ini.

“Setinggi apa pun jabatan kita, seberapa besar, berapa pun pendapatan kita perempuan, kita di rumah tetap seorang ibu dari anak-anak kita, dan seorang istri dari suami kita,” ucap Risma dilansir Antara.

Risma menilai para perempuan tidak boleh sombong, dan melupakan perannya sebagaimana yang telah ditakdirkan untuk menjadi seorang ibu.

Ia memberi contoh dengan para penerima manfaat program asistensi usaha Pahlawan Ekonomi Nusantara (PENA) yang digagas oleh Kemensos, di mana terdapat pula penerima manfaat yang merupakan perempuan.

Risma menceritakan terdapat seorang perempuan penerima manfaat asal Surabaya, di mana sebelumnya suaminya bekerja sebagai buruh pabrik, dan kini keluar dari pekerjaannya untuk ikut membantu istri dalam menjalankan usahanya.

“Waktu saya ngomong (bertanya) ‘bu ini gimana, saya minta tolong gini-gini’ dia langsung ‘pak bos, pak bos,’ dia manggil suaminya ‘pak bos’. Jadi artinya, tetap ada penghormatan begitu,” ungkapnya.

Menurut Risma, hal tersebut turut mendidik sebuah keluarga, bahwa ada seorang pemimpin di rumah tersebut.

Selain itu, ia mengungkapkan kehadiran seorang ibu berperan besar dalam mendidik anak-anaknya, sebagai tempat pertama seorang anak mengadukan permasalahannya.

“Kalau nggak, terus anak-anak itu gimana? Terus ngadu kepada siapa hayo? Kalau menangani anak-anak seperti itu kan kasihan mereka, kalau nggak kepada ibunya kepada siapa, hayo?” paparnya.(ant/man/iss)

Berita Terkait

..
Surabaya
Selasa, 25 Juni 2024
28o
Kurs