Jumat, 3 Mei 2024

Uni Eropa Minta Italia Menjadi Komando Taktis Misi Aspides di Laut Merah

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Houthi membajak sebuah kapal milik sebuah perusahaan Israel di Laut Merah. Foto: Anadolu Houthi membajak sebuah kapal milik sebuah perusahaan Israel di Laut Merah. Foto: Anadolu

Guido Crosetto Menteri Pertahanan Italia mengatakan, Uni Eropa (EU) meminta negaranya mengambil komando taktis misi Aspides yang akan dibentuk EU untuk menjamin keselamatan pelayaran kapal komersial di Laut Merah.

Dilansir dari Antara pada Sabtu (2/3/2024), Crosetto menyoroti penunjukan Italia atas tugas tersebut merupakan pengakuan atas profesionalisme angkatan laut Italia.

Selain itu, ia juga mencatat bahwa misi ini penting dan mendesak bagi keselamatan pelayaran kapal komersial di Laut Merah.

Komite pertahanan parlemen Italia menyatakan, setidaknya satu kapal Italia akan bertugas dalam misi itu selama 12 bulan, dan para anggota parlemen mempertimbangkan untuk mengirim angkatan udara.

Sementara itu, Josep Borrel Kepala Urusan Luar Negeri Uni Eropa mengatakan, misi EU untuk memerangi serangan oleh pemberontak Houthi dukungan Iran di Yaman akan dimulai pada 19 Februari.

Sebagai dukungan untuk Gaza, yang mengalami serangan gencar oleh Israel dan didukung Amerika Serikat sejak 7 Oktober, kelompok Houthi Yaman menargetkan kapal pengiriman di Laut Merah yang dimiliki atau dioperasikan oleh perusahaan Israel atau mengirimkan barang dari dan menuju Israel.

Dengan ketegangan yang semakin meningkat akibat AS dan Inggris mengadakan serangan udara bersama terhadap Houthi di Yaman, Houthi kemudian menjadikan kapal-kapal AS dan Inggris sebagai target militer.

Sebuah koalisi yang dipimpin AS telah melakukan serangan udara berkala sejak 12 Januari yang menargetkan “lokasi Houthi” di beberapa bagian Yaman sebagai tanggapan terhadap serangan di Laut Merah. (ant/sya)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Jumat, 3 Mei 2024
29o
Kurs