Selasa, 25 Juni 2024

Witan Sulaeman Pemain Timnas Indonesia Berhaji Tahun Ini

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Witan Sulaeman pemain Timnas Indonesia ketika berada di Asrama Haji Transit Palu. Foto: Kemenag

Witan Sulaeman salah satu penggawa Timnas Indonesia menjalankan ibadah tahu tahun ini. Witan berangkat ke Tanah Suci bersama Rismahani istrinya.

Witan terbilang beruntung karena dapat berangkat haji dengan masa tunggu yang singkat, yakni lima tahun. Witan mengaku mendaftar haji pada 2019.

Berkat proram penggabungan mahram oleh Kemenag, Witan bersama sang istri yang telah terdaftar sejak 2012, dapat berangkat haji tahun ini.

“Karena sudah di atas lima tahun, jadi bisa mengurus penggabungan mahram,” katanya di Aula Asrama Haji Transit Palu, dilansir dari laman resmi Kemenag pada Jumat (24/5/2024) malam.

Kehadiran Witan di Asrama Haji Transit Palu cukup membuat heboh. Ia tak henti diminta berfoto oleh jemaah bahkan panitia.

Witan merasa sangat bersyukur akhirnya bisa berangkat bersama keluarganya, terutama bersama sang istri.

Pria kelahiran Kota Palu ini menjelaskan, saat akan memanfaatkan kebijakan penggabungan mahram, dirinya mengurus segala persyaratan di Kemenag Kota Palu.

“Sejak pendaftaran (pelunasan) tidak dipersulit, karena yang penting kita punya berkas-berkas. Jadi semua aman,” kata Witan.

Berbeda dengan 2023, tahun ini Kemenag membuka lagi kebijakan penggabungan mahram. Ada tiga syarat yang harus dipenuhi.

Pertama, memiliki hubungan keluarga yang dibuktikan dengan akta nikah, akta kelahiran, atau kartu keluarga. Kedua, jemaah yang digabung telah melunasi Bipih (Biaya Perjalanan Ibadah Haji) tahap pertama. Ketiga, yang digabung sudah terdaftar lima tahun sebelumnya serta memiliki syarat istita’ah kesehatan. (saf/ipg)

Berita Terkait

..
Surabaya
Selasa, 25 Juni 2024
26o
Kurs