Sabtu, 18 Mei 2024

Rio Haryanto Gabung Campos Racing di GP2 Series

Laporan oleh Dodi Pradipta
Bagikan

Pembalap nasional asal Solo, Jawa Tengah, Rio Haryanto, bergabung dengan tim Campos Racing untuk menjalani lomba balap mobil GP2 Series 2015.

Antara melansir, Piers Hunnsiett Manajer Teknik Rio Haryanto, mengatakan pada musim balap tahun yang seri pertamanya digelar di Sirkuit Sakhir, Bahrain, 17-19 April 2015 ini, Rio Haryanto akan berduet dengan pebalap asal Prancis Arthur Pic.

Pada musim balap tahun ini, Rio Haryanto yang saat ini berusia 22 tahun ini merupakan pembalap yang paling berpengalaman di GP2 Series. Saat uji coba pascamusim GP2 Series 2014 di Abu Dhabi, Rio menampilkan performa yang menjanjikan.

Dalam tiga hari uji coba yang menempuh 173 putaran di Sirkuit Yas Marin yang bersangkutan mampu menyelesaikannya tanpa masalah yang berarti. Pada setiap sesi di pagi, catatan waktunya secara konsisten selalu masuk dalam daftar lima besar pebalap tercepat.

Rio mengawali karir cemerlang dengan menjuarai ajang gokart nasional dan lanjut mendominasi Formula BMW Pasifik pada 2009. Melangkah naik ke ajang GP3 di tahun berikutnya, ia pun beberapa kali naik podium dan membentuk reputasi sebagai pembalap tangguh di atas lintasan basah.

Kerja kerasnya dalam dua musim GP3 membuahkan tiga kemenangan, dua diantaranya diwarnai cuaca hujan yang menyulitkan pembalap lain. Selain itu, ia juga berhasil membukukan kemenangan di Valencia pada musim pertamanya di kejuaraan AutoGP.

Sejak 2012, Rio berkompetisi di ajang GP2 dan menorehkan sejarah di sirkuit-sirkuit legendaris yang juga adalah tuan rumah balap F1. Di atas trek basah, Rio pun sukses mencetak pole position dan lap tercepat di sirkuit Spa-Francorchamps, Belgia. Posisi podium kemudian menyusul di Silverstone, Inggris dan jalan raya Monte Carlo, Monaco. (ant/dop/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Sabtu, 18 Mei 2024
33o
Kurs