Rabu, 8 Mei 2024

Panitia Olimpiade Tokyo 2020 Perkenalkan Logo Baru

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Logo baru Panitia Olimpiade Tokyo 2020 yang melambangkan persatuan dalam keberagaman. Foto: EPA

Panitia Olimpiade Tokyo 2020 memperkenalkan logo baru yang berwujud desain tradisional Jepang, Senin (25/4/2016), tujuh bulan setelah logo sebelumnya dicabut karena dinilai plagiat.

Logo baru itu, hasil seleksi dari 14 ribu kandidat, mengadopsi pola kotak-kotak biru indigo yang disebut “ichimatsu moyo” dari masa Edo (1603-1868).

Bentuk persegi dalam desain itu mewakili keragaman budaya dan kebangsaan, dan melambangkan “persatuan dalam keberagaman”, kata panitia yang memilih logo tersebut.

“Saya perlu waktu lama untuk menciptakan logo ini — seperti anak saya sendiri,” kata seniman asal Tokyo Asao Tokoro yang memenangi lomba desain tersebut, seperti dikutip Antara kepada Reuters.

“Saya tidak bisa menjadi atlet, namun saya merasakan jalan panjang Olimpiade sejak saya kecil, dan saya bisa membawanya melalui desain,” katanya.

“Mulai hari ini, logo ini akan dipakai menuju Olimpiade dan Paralympic Tokyo 2020. Saya sangat berharap logo ini akan dikenal masyarakat,” kata Ryohei Miyata, ketua panitia pemilihan logo Olimpiade Tokyo 2020.

Anggota-anggota komite menekankan transparansi dalam proses seleksi untuk menghindari kesalahan langkah.

Sebelumnya, logo yang diperkenalkan menuai kecaman karena dianggap meniru logo teater di Belgia.

Namun, pihak penyelenggara Olimpiade Tokyo 2020 kepada BBC mengatakan, tidak setuju dengan tuduhan plagiarisme namun mengatakan terlalu banyak keraguan atas logo pertama.(ant/bbc/iss/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Rabu, 8 Mei 2024
28o
Kurs