Selasa, 30 April 2024

Liverpool Tawarkan Pembinaan Sepakbola di Surabaya

Laporan oleh Zumrotul Abidin
Bagikan
Moazzam Malik Dubes Inggris saat berpamitan dengan Tri Rismaharini Walikota Surabaya dan diberi cindera mata kenang-kenangan khas Surabaya. Foto: Abidin suarasurabaya.net

Pemerintah Kota Liverpool menawarkan kerjasama pembinaan sepakbola untuk anak-anak di Surabaya. Hal ini dikatakan, Moazzam Malik, Duta Besar Inggris dalam pertemuan dengan Tri Rismaharini Walikota Surabaya di Balai Kota, Kamis (7/9/2017).

“Liverpool adalah kota pelabuhan, pariwisata dan memiliki prestasi lembaga pendidikan yang sangat bagus. Liverpool juga kota para pemain sepakbola dunia, kami ingin akademi sepak bola di Surabaya maju, anak-anak di Surabaya bisa menjadi pemain bola yang hebat,” ujar Malik usai pertemuan dengan Risma.

Moazzam Malik mengatakan, kehadirannya ke Surabaya merupakan yang ke-8 kalinya selama tiga tahun bertugas di Indonesia. Menurutnya, pemerintah Inggris sangat berkomitmen mempererat hubungan dengan Surabaya. Karena menganggap Surabaya adalah salah satu kota yang maju dan berperan untuk kemajuan.

“Beberapa bulan lalu, Bu Risma berkunjung ke Liverpool untuk kesepakatan sister city. Kami sekarang melanjutkan kerjasamanya. Harapan kita mempersiapkan MOU untuk menyetujui kerjasama yang nyata. Pendidikan, ekonomi dan sepakbola,” katanya.

Selain sepakbola, Liverpool juga nawarkan kerjasama di bidang pendidikan. Moazzam Malik menginginkan kompetensi Bahasa Inggris pendidik dan pelajar di Surabaya bisa ditingkatkan.

“Bulan depan kami akan berdiskusi dengan Dinas Pendidikan Kota Surabaya untuk bekerjasama meningkatkan kapabilitas guru bahasa Inggris dan siswa di Surabaya,” katanya.

Sementara, Tri Rismaharini Walikota Surabaya menyambut baik tawaran kerjasama dengan pemerintah Inggris khususnya kota Liverpool ini di bidang sepakbola. Menurut Risma apa salahnya jika mendorong dan memfasilitasi anak-anak Surabaya yang ingin berkarir di sepakbola.

“Anak-anak di sini ada 89 sekolah sepakbola (SSB) di kampung-kampung, saya ingin masa depan di sepak bola ini juga kami tingkatkan. Mungkin bisa mewujudkan banyak Evan Dimas di masa depan,” katanya. (bid/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Selasa, 30 April 2024
29o
Kurs