Minggu, 29 Mei 2022
Piala Dunia 2018

Jerman Main Buruk pada Pertandingan Pertama

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Pemain Meksiko Hirving Lozano meluapkan kegembiraannya setelah mencetak gol yang membawa timnasnya unggul 1-0 atas Jerman. Foto: Antara

Hirving Lozano mencetak gol tunggal untuk Meksiko pada menit ke-35, membuat Jerman harus menelan pil pahit di laga pertamanya di Babak Penyisihan Piala Dunia 2018, Minggu (17/6/2018).

Meksiko tampil menghibur. Mereka menolak terintimidasi oleh Jerman dan justru menang 1-0 di pertandingan pembukaan Grup F, mengakhiri 33 tahun kekalahan dengan Jerman.

Pasukan Juan Carlos Osorio meredam ketegangan saat melawan tim “juara bertahan” tapi memperlambat lini tengah dan menemukan ruang di lini belakang.

Setelah menyia-nyiakan sejumlah peluang pada babak pertama sambil tetap berbahaya di area mereka sendiri, gol Hirving Lozano menjadi hadiah untuk mereka.

Sebaliknya, Jerman tampil tidak meyakinkan. Seolah hanya berbekal pengalaman dan catatan memenangi semua laga pembukaan sejak kursi pelatih diduduki Joachim Loew pada 2006 silam.

Ketika Mats Hummels bek tengah Jerman kehilangan bola di area pertahanan Meksiko, Javier Hernandez melepas bola ke lapangan tengah, mengungguli kecepatan Jerome Boateng disambut oleh Lozano.

Striker itu mengendalikan bola dengan mulus, bergerak luwes melewati Mesut Ozil, mengecoh Toni Kroos, menaklukkan Manuel Neuer dan gol. Jerman pun meningkatkan serangan.

Beberapa menit kemudian, Guillermo Ochoa kiper Meksiko menepis tendangan bebas Kroos ke mistar gawang. Tapi itu adalah peluang terbaik Jerman di antara 60 persen penguasaan bola di babak pertama.

Jerman menekan pada babak kedua tapi kesulitan mengarahkan tembakan ke gawang. Osorio mengatur lini belakangnya agar begitu rapat, bertahan habis-habisan.

Osario bahkan menarik keluar Lozano ketika pertandingan tersisa 15 menit menggantikannya dengan Rafael Marquez (39) untuk mempertebal sektor pertahanan.

Akui Permainan Buruk

Joachim Loew Pelatih Jerman mengakui permainan anak asuhnya sangat buruk di laga pembuka Grup F di Moskow, Minggu.

“Pada babak pertama kami bermain sangat buruk,” kata Loew. “Kami tidak bisa memaksakan cara biasa dalam bermain, serangan dan umpan kami tidak efektif.”

“Pada babak kedua kami menekan lebih banyak tetapi Meksiko bertahan,” katanya dilansir AFP.


Pelatih tim nasional Jerman Joachim Loew. Foto: Antara

“Kami punya beberapa tembakan ke gawang tetapi entah bagaimana tampaknya sedang sial, bola tidak akan masuk dan kadang-kadang kami kurang tenang untuk menyelesaikan serangan,” katanya.

Pengakuan Loew ini berada di antara fakta bahwa Jerman tidak pernah gagal untuk lolos dari babak penyisihan grup Piala Dunia. Loew dan pasukannya harus segera berbenah sebelum melawan Swedia pada 23 Juni besok, di Sochi.

“Ini mengecewakan. Kalah dalam pertandingan pertama. Ini adalah situasi di mana kami tidak terbiasa. Di banyak turnamen sebelumnya kami selalu memenangkan pertandingan pertama,” kata Loew.

Dia mengatakan, selalu ada rintangan untuk diatasi dan timnya perlu menarik kesimpulan dari kekalahan itu serta tampil jauh lebih baik pada pertandingan-pertandingan berikutnya.

Jerman sudah memenangkan tujuh pertandingan pada gelaran Piala Dunia sebelumnya. Adapun satu-satunya kekalahan Jerman terjadi pada 1982 saat ditekuk Aljazair 2-1.(den)

Berita Terkait

Surabaya
Minggu, 29 Mei 2022
27o
Kurs