Rabu, 18 Mei 2022

Lewat si Kembar, Jatim Raih Emas Kerjurnas Bulutangkis Setelah 28 Tahun

Laporan oleh Agustina Suminar
Bagikan
Syahrozi dan Syahrizal, atlet kembar yang tampil sebagai ganda putera Jawa Timur. Foto: PBSI

Cabang olahraga bulutangkis Jawa Timur kembali membuat prestasi membanggakan. Setelah beberapa atletnya sukses di Sirkuit Nasional beberapa bulan lalu di Kejuaraan Nasional, atlet bulu tangkis Jawa Timur kembali menorehkan prestasi mengejutkan di Kejurnas yang digelar pekan lalu.

Syahrozi dan Syahrizal, atlet kembar yang tampil sebagai ganda putera, berhasil meraih gelar juara setelah mengalahkan pasangan dari Jawa Tengah di babak final.

Martinus Rudianto manager tim bulutangkis Jawa Timur untuk Kejurnas mengatakan, hasil yang dicapai Jatim di Kerjurnas ini sesuai harapan mereka. Jatim minimal dapat menyumbangkan satu medali emas lewat si kembar, selain prediksi lain dapat disumbang oleh Nur Yahya tunggal putra dan ganda putri.

Martinus mengatakan, meski hanya mampu menyumbangkan satu medali emas, PBSI Jatim tetap mengapresiasi perjuangan atlet-atlet muda yang tampil di Kejurnas.

Meski bersaing secara ketat, beberapa atlet Jatim khususnya di tunggal dan ganda, mampu melewati babak perempatfinal.

“Ini merupakan capaian yang layak diberi acungan jempol. Meski Nur Yahya diperkirakan mendapatkan emas, performanya memang sedang menurun, jadi hasil yang dicapai atlet Jatim tetap harus diapresiasi,” ujarnya, Senin (24/12/2018).

Setelah sukses meraih gelar juara di Kejurnas, sesuai komitmen Pengurus Pusat Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PP PBSI), ganda putra Syahrozi dan Syahrizal sudah dijamin masuk sebagai pemain magang di Pelatnas.

Namun tidak menutup kemungkinan tim Binpres PP PBSI juga memasukkan pemain yang tidak juara. Mereka bisa diikutsertakan magang asal selama kejurnas permainnya bagus dan bertalenta.

Sementara itu, sebagai bentuk penghargaan, dalam waktu dekat Pengprov PBSI Jatim juga akan memberi tali asih untuk prestasi si kembar. Mereka akan mendapatkan hadiah uang tunai meski belum diketahui kapan pemberian itu akan diserahkan.

Tentang peluang keduanya masuk Puslatda Jatim, Martius menyebut sangat besar. Namun PBSI Jatim masih akan memantau dalam satu sampai dua tahun kedepan.

Seperti diketahui, tim Bulutangkis Jawa Timur sukses mendapatkan satu medali emas dari nomor ganda putra lewat Syahrizal dan Syahrozi. Di final, si kembar sukses mengalahkan pasangan Bernadus Bagas Kusuma Wardana/Dwiki Rafian Restu, ganda Putra asal Jawa tengah 17-21, 22-20 dan 21-18.

Hasil yang dicapai Jatim ini sesuai target. Di kejurnas, Jatim minimal mampu menyumbangkan satu medali emas. Hasil ini sekaligus menjadi prestasi pertama Jatim sejak 28 tahun lalu.(bud/tin/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Jalan Tambak Osowilangon Macet

Jalan Ahmad Yani Surabaya Pada Petang Hari

Kemacetan di Ketintang Arah Jalan Karah

Surabaya
Rabu, 18 Mei 2022
28o
Kurs