Selasa, 7 Desember 2021

Tips Syaifuddin Persebaya Pilih Makanan di Bulan Ramadan

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Ilustrasi. Dua pemain Persebaya Muhammad Hidayat (kanan) dan Mokhamad Syaifuddin (kiri) memperhatikan serius instruksi Bejo Sugiantoro, pelatih caretaker, pada sesi latihan di Lapangan Polda Jatim. Foto: Persebaya

Menu sahur dan berbuka menjadi salah satu kunci keberhasilan berpuasa bagi umat muslim. Terutama bagi atlet profesional yang harus tetap menjaga stamina di bulan puasa. Mokhamad Syaifuddin memiliki tips menu makanan di bulan Ramadan.

Bek Persebaya ini cukup selektif perihal makanan. Ia memilih mengonsumsi makanan sarat gizi, agar kondisinya cukup kuat untuk berlatih secara rutin meski sedang berpuasa.

“Sebenarnya gak cuma di bulan Ramadan ya. Malah kalau di bulan Ramadan saya banyakin buah. Nah kalau di luar bulan ramadan saya banyakin daging dan ikan salmon,” beber pemain sepak bola profesional itu dilansir dari persebaya.id, Sabtu (24/4/2021).

Pemain yang akrab disapa Uru ini mengonsumsi buah-buahan lantaran mengandung vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh. Buah-buahan juga dapat mempercepat proses redehidrasi setelah tubuh kurang mendapat asupan cairan seharian.

Menurutnya, kebiasaan selektif dalam memilih makanan sudah ia biasakan sejak masih muda. Uru dididik untuk disiplin soal konsumsi makanan ketika masih menimba ilmu di SAD Uruguay. Ia sering mangonsumsi makanan yang kaya protein seperti daging dan salmon selama di Amerika Latin.

Kebiasaan itulah yang akhirnya dilanjutkan ketika sudah kembali Indonesia. Uru juga sempat berkonsultasi dengan ahli gizi mengenai makanan yang sesuai dengan kebutuhannya sebagai seorang atlet profesional.

Selain mengonsumsi makanan bergizi, Uru juga rutin melakukan latihan mandiri untuk menjaga kondisinya. Ia memilih waktu menjelang berbuka puasa untuk melakukan latihan mandiri selama 30 sampai 45 menit agar fisiknya tidak terlalu drop.

“Untuk program latihan saya inisiatif sendiri, kekurangan dan kelemahan dari saya apa aja. Namun sebelumnya sudah konsultasi sama tim fisio krna memang yang tahu kondisi saya lebih ke tim medis,” katanya.

Sambil menunggu latihan perdana Persebaya, pemilik nomor punggung 29 ini banyak menghabiskan waktu bersama keluarga. Karena sebelumnya ia beserta anggota Persebaya lain tidak bertatap muka dengan keluarga hampir satu bulan karena padatnnya jadwal Piala Menpora.(frh/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Suasana Unjuk Rasa di Depan Taman Pelangi Surabaya

Suasana Unjuk Rasa Menuju Kantor Bupati Gresik

Suasana Unjuk Rasa Melewati Basra

Surabaya
Selasa, 7 Desember 2021
25o
Kurs