Kamis, 25 April 2024

FIFA Tolak Permohonan Izin Denmark Pakai Kaus pro-HAM saat Latihan

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Seorang petugas tengah membersihkan patung piala dunia di salah satu stadion Qatar. Foto: Reuters

FIFA selaku badan sepak bola dunia, pada Kamis (10/11/2022) kemarin, menolak permohonan skuad Piala Dunia Denmark untuk mengenakan kaus bertema pro hak asasi manusia saat latihan.

Hal tersebut disampaikan Federasi Sepak Bola Jerman (DBU). Meski DBU membantah jika pengenaan kaus itu merupakan pesan politik, tapi mereka akantetap mematuhi keputusan FIFA untuk menghindari denda dan sanksi, kata mereka.

Melansir Antara yang mengutip AFP, Qatar diketahui memang menghadapi kritik atas catatan hak asasi manusianya, terkait perlakuan terhadap pekerja asing pada proyek infrastruktur besar untuk Piala Dunia serta hak-hak perempuan dan LGBT.

Denmark sendiri memang sejak lama menentang penyelengaraan Piala Dunia Qatar. Mereka ingin jadi yang terdepan dalam membela hak asasi manusia selama turnamen yang dimulai 20 November 2022 mendatang itu.

“Kami telah mengirimkan permintaan kepada FIFA, tetapi tanggapannya negatif. Kami menyesali, tetapi kami harus memperhitungkannya,” kata Jakob Jensen direktur DBU.

DBU sebelumnya mengumumkan bahwa kaus pelatihan akan menampilkan “pesan kritis”, dengan dua sponsor yakni Danske Spil dan bank Arbejdernes Landsbank, yang bahkan sudah setuju untuk mengganti logo mereka.

“Bagi saya, ini adalah jersey dengan pesan yang sangat sederhana tentang hak asasi manusia universal,” tambah Jensen.

FIFA yang melarang semua pesan politik pekan lalu mendesak tim-tim agar “fokus kepada sepak bola” dan tidak menyeretnya “ke dalam pertempuran ideologis atau politik”.

Pada kaus resmi negara Skandinavia itu selama kompetisi, pemasok peralatan Hummel juga meredupkan logonya sebagai tanda “protes” terhadap otoritas Qatar.

Sebagai informasi, homoseksualitas adalah hal yang ilegal di Qatar. Tapi, kapten dari sejumlah negara Eropa terkemuka, termasuk Inggris, Prancis dan Jerman, nantinya akan mengenakan ban lengan warna pelangi dengan pesan “Satu Cinta” dalam kampanye anti-diskriminasi. (ant/bil/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 25 April 2024
28o
Kurs