Jumat, 29 Maret 2024

Hadirkan Orang Tua di Stadion Picu Motivasi Pemain Timnas U-16 Menang

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Mochamad Iriawan Ketua Umum PSSI bersama salah satu orang tua pemain Timnas U16. Foto: PSSI

Bima Sakti pelatih tim nasional U-16 Indonesia mengatakan bahwa kehadiran orang tua di stadion menjadi motivasi para pemainnya untuk berjuang di final hingga berhasil menjadi juara Piala AFF U-16 2022.

“Kehadiran orang tua di tengah-tengah mereka benar-benar menjadi motivasi. Kalau soal taktik saya kira sama saja. Yang paling penting pemain bisa melihat orang tua mereka karena sebelumnya hanya menengok lewat foto,” ujar Bima dalam konferensi pers usai laga final Piala AFF U-16 2022 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta, Jumat (12/8/2022) malam.

Menurut juru taktik berusia 46 tahun itu, motivasi kuat dari keberadaan orang tua membuat anak-anak asuhnya tampil fokus dan bekerja keras sejak menit pertama pada partai puncak kontra Vietnam.

Hal tersebut membuat skuad berjuluk Garuda Asia mampu memenangkan pertandingan final itu dengan skor 1-0.

“Terima kasih kepada para pemain yang sudah bekerja keras,” tutur Bima, mengutip Antara.

Gelar kampiun Piala AFF U-16 2022 pun dipersembahkan timnas U-16 sebagai hadiah Hari Kemerdekaan ke-77 Republik Indonesia.

Selain itu, secara khusus, Bima menujukan trofi juara itu untuk tiga buah hatinya. Dia juga melontarkan terima kasih untuk salah satu anaknya, yang berkebutuhan khusus, karena dialah yang mengusulkan kepada Bima untuk mengundang orang tua semua pemain pada partai final Piala AFF U-16 itu.

“Anak saya berkebutuhan khusus dan belum bisa berjalan meski sudah seusia Iqbal (Muhammad Iqbal Gwijangge kapten timnas U-16-red). Namun dia yang menyarankan saya untuk mendatangkan orang tua pemain. Masukan itu lalu saya sampaikan kepada Pak Ketua Umum PSSI, Sekretaris Jenderal PSSI dan Direktur Teknik PSSI. Alhamdulillah, orang tua pemain hadir di tengah-tengah kami,” kata Bima.

Tidak lupa pula dia menyampaikan apresiasi kepada orang tua pemain dan para pelatih pemain skuadnya di sekolah sepak bola (SSB), akademi maupun klub.

Bima menegaskan bahwa karena jasa merekalah pemain timnas U-16 dapat mempersembahkan juara Piala AFF U-16 2022 untuk Indonesia.

“Jadi siapa pun pelatih timnas U-16, pemain sudah terbentuk dengan baik,” ujar pelatih timnas Indonesia di Piala AFF 2018 itu.

Indonesia sukses menjadi juara Piala AFF U-16 2022 setelah menundukkan Vietnam dengan skor 1-0 pada laga final di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Jumat (12/8/2022) malam.

Gol Indonesia pada pertandingan itu dilesakkan oleh gelandang Muhammad Kafiatur Rizky.

Dengan demikian, Indonesia sudah mengoleksi dua gelar juara Piala AFF U-16. Sebelumnya, mereka menjadi kampiun di Piala AFF U-16 tahun 2018 yang digelar di Sidoarjo, Jawa Timur.

Sementara bagi Vietnam, status “runner up” menyamai pencapaian mereka pada Piala AFF U-16 tahun 2016.(ant/dfn/ipg)

Berita Terkait

Indonesia Juara Piala AFF U-16


Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
27o
Kurs