Kamis, 18 April 2024

Prancis Pastikan Satu Tempat di Semifinal Usai Taklukkan Inggris 2-1

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Kylian Mbappe merayakan gol kedua mereka bersama Antoine Griezmann pada babak perempat final Piala Dunia 2022 di Stadion Al Bayt, Al Khor, Minggu (11/12/2022) dini hari WIB. Foto: Reuters

Prancis memastikan satu tempat di semifinal usai menaklukkan Inggris dengan skor 2-1 pada babak perempatfinal Piala Dunia 2022, di Stadion Al Bayt, Al Khor, Minggu (11/12/2022) dini hari WIB.

Mengutip FIFA, Prancis unggul lebih dulu melalui tendangan keras Aurelien Tchouameni. Lalu, Inggris menyamakan kedudukan lewat eksekusi penalti Harry Kane.

Kemenangan Prancis dipastikan lewat sundulan Olivier Giroud di babak kedua.

Kemenangan itu membawa skuad asuhan Didier Deschamps masuk Semifinal Piala Dunia dua kali secara beruntun. Pada edisi sebelumnya, mereka sebelumnya menjadi sebagai juara usai mengalahkan Kroasia di partai final.

Prancis akan berhadapan dengan Maroko untuk memperebutkan satu tiket laga final di partai semifinal Piala Dunia 2022, yang dijadwalkan berlangsung di Stadion Al Bayt, Al Khor, Kamis (15/12/2022) dini hari WIB.

Pada babak pertama, Prancis berinisiatif menyerang lebih dulu dan mengancam gawang Inggris lewat sundulan Olivier Giroud. Tapi, bola mengarah ke dekapan Jordan Pickford Kiper Inggris.

Prancis unggul lebih dulu pada menit ke-17 setelah bola tendangan jarak jauh Aurelien Tchouameni yang memanfaatkan umpan Antoine Griezmann meluncur ke sisi kanan gawang Inggris.

Berawal dari pergerakan Griezmann di sisi kiri lini pertahanan Inggris, pemain Atletico Madrid itu mengirimkan umpan terukur yang diteruskan oleh Tchouameni dengan tendangan keras yang tidak mampu dijangkau Pickford. Kontan, skor berubah menjadi 1-0.

Tertinggal satu gol, Inggris berupaya bangkit dan sempat memiliki peluang ketika Jordan Henderson memberikan umpan terukur ke kotak penalti Prancis. Namun, bola tidak bisa dijangkau Jude Bellingham.

Kedua tim bermain terbuka dan berusaha untuk mencari gol di sisa waktu babak pertama, hingga turun minum skor 1-0 untuk keunggulan Prancis.

Inggris berusaha menyerang lebih dulu di awal babak kedua dan sempat memiliki peluang lewat tendangan voli Bellingham. Sayangnya, bola masih dapat dihalau Hugo Lloris Kiper Timnas Prancis.

Pada menit ke-51, Skuad Three Lions mendapat peluang emas ketika Bukayo Saka dilanggar Tchouameni di kotak penalti.

Harry Kane yang maju sebagai eksekutor sukses melaksanakan tugasnya dengan mengecoh Lloris. Skor imbang 1-1 pada menit ke-54.

Prancis kembali unggul atas Inggris berkat sundulan Olivier Giroud yang memanfaatkan umpan Griezmann. Skor berubah 2-1 di menit 78.

Inggris kembali mendapatkan hadiah penalti setelah Mason Mount dilanggar Theo Hernandez. Setelah mengecek VAR pada menit ke-81, wasit membenarkan keputusan tersebut.

Kane kembali menjadi eksekutor, sayangnya tendangan kali ini gagal menemui sasaran dan melambung di atas mistar gawang. Skor tetap 2-1 untuk keunggulan Les Bleus hingga pertandingan usai.(ant/tik)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 18 April 2024
32o
Kurs