Jumat, 26 April 2024

Presiden: Sirkuit Formula E Sudah Siap Dipakai Balapan

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Jokowi Presiden bersama Anies Baswedan Gubernur DKI Jakarta meninjau proyek Sirkuit Formula E, di kawasan Ancol, Jakarta Utara, Senin (25/4/2022). Foto: biro pers setpres

Joko Widodo Presiden menyatakan Sirkuit Formula E yang ada di kawasan Ancol Jakarta Utara, siap dipakai untuk ajang balap mobil listrik yang rencananya berlangsung bulan Juni mendatang.

Hal itu disampaikan Kepala Negara, sesudah meninjau langsung perkembangan proyek pembangunan Sirkuit Formula E, di Jakarta, Senin (25/4/2022).

“Saya ingin melihat persiapan Formula E seperti apa, dan seperti saya lihat di lapangan, saya kira untuk trek balapannya sudah siap,” ujar Presiden dalam keterangannya usai peninjauan.

Jokowi yang datang di lokasi sekitar pukul 15.10 WIB, disambut Anies Baswedan Gubernur DKI Jakarta, Mayjen TNI Untung Budiharto Pangdam Jaya, dan Irjen Pol Fadil Imran Kapolda Metro Jaya.

Presiden langsung berkeliling meninjau proyek pembangunan sirkuit dengan menumpang mobil golf yang dikendarai Anies Baswedan Gubernur DKI Jakarta.

Waktu berkeliling, Presiden sesekali berhenti untuk melihat langsung sirkuit yang telah selesai diaspal.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu pun berharap proyek pembangunan Sirkuit Formula E, bisa berjalan sesuai jadwal yang sudah ditetapkan.

“Kemudian mungkin yang juga harus dikejar penyelesaiannya paddock dan untuk grand stand-nya, masih ada waktu untuk nanti habis Lebaran dan kita harapkan nanti di awal Juni kita bisa melihat balapannya,” harapnya.

Sementara itu, Anies Baswedan menyatakan pembangunan lintasan balapan Formula E sudah selesai 100 persen.

Sekarang, proyek tersebut sedang menyelesaikan pembangunan sarana dan prasarana pendukung kegiatan Formula E.

“Sekarang yang sedang dalam proses pembangunan adalah, seperti kata Pak Presiden, paddock, grand stand, kemudian juga pagar. Nanti di atas beton-beton ini akan ada pagar yang itu untuk pelindung. Nah itu semua yang nanti akan dikerjakan, sama persiapan untuk fasilitas bagi tamu-tamu yang menggunakan holding di sebelahnya. Tapi, secara umum treknya sudah 100 persen selesai,” ucap Anies.

Di lokasi terpisah, Gunung Kartiko Direktur Bisnis PT Jakarta Propertindo (Perseroda) sekaligus Vice Managing Director Organization Committee Jakarta EPrix 2022, mengapresiasi dukungan yang diberikan pemerintah pusat dalam ajang Formula E.

Dia pun turut meminta dukungan seluruh pihak untuk ikut serta menyukseskan Formula E.

“Pak Presiden menyambut baik event ini dan tentunya tidak hanya membawa nama Jakarta, tapi juga kancah internasional. Ini event Internasional yang memang harus kita dukung, kita sukseskan bersama,” katanya.

Sekadar informasi, Sirkuit Formula E memiliki panjang lintasan 2,4 kilometer dan lebar 12 kilometer. Sirkuit tersebut memiliki ciri khas di beberapa tikungannya, dengan memiliki kemiringan yang memungkinkan setiap pebalap melaju dengan kecepatan yang lebih tinggi.

“Menurut teman-teman dari FEO (Formula E Operations), ini adalah trek yang sangat menarik menurut mereka. Dan teman-teman juga tahu kita bangun ini cukup cepat hanya 2 bulan dan insyaallah ini akan masuk juga ke museum di Indonesia jadi salah satu trek yang tercepat kita bangun,” tandas Gunung Kartiko.

Sekadar informasi, Jakarta sebelumnya akan menjadi tuan rumah balap mobil listrik pada bulan Juni 2020. Tapi, rencana itu batal karena terjadi lonjakan kasus Covid-19 di Indonesia.

Seiring terkendalinya penyebaran Virus Corona, Jakarta kembali mendapat kesempatan menjadi tuan rumah balap seri Formula E yang akan berlangsung tanggal 4 Juni 2022.(rid/bil)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
28o
Kurs