Jumat, 29 Maret 2024

PSSI Jatim Buka Kursus Pelatih Lisensi C Khusus untuk Eks Pemain Timnas

Laporan oleh Risky Pratama
Bagikan
Dyan Puspito Rini Sekretaris Asprov PSSI Jatim dalam konferensi pers. Foto: Istimewa

Asosiasi Provinsi (Asprov) Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia Jawa Timur (PSSI Jatim), membuka pendaftaran kursus pelatih lisensi C khusus mantan punggawa Timnas Indonesia.

Dyan Puspito Rini Sekretaris Jenderal (Sekjen) Asprov PSSI Jatim mengatakan, bahwa kursus itu akan diselenggarakan sebagai wadah mantan pemain Timnas yang ingin menjadi pelatih.

“Untuk menyemangati para mantan pemain Timnas yang belum punya sertifikat dan ingin tetap bekerja di bidang sepak bola, khususnya dalam kepelatihan, untuk mengabdikan ilmunya,” ucapnya kepada suarasurabaya.net, Kamis (3/11/2022).

Dalam kesempatan itu, ia juga mengatakan bahwa khusus untuk pemain yeng pernah membela timnas itu, tidak perlu melalui kursus pelatih lisensi D, melainkan langsung berada di lisensi C.

Meski demikian, ditegaskan bahwa dalam pelatihan itu para pemain timnas yang mengikuti kursus akan mendapat tugas tambahan dari instruktur.

“Eks Timnas langsung ke level C, tetapi mereka ada tugas tambahan biasanya dari instruktur sebelum melakukan pelatihan dan sesudah pelatihan,” ucapnya.

Sementara itu, instruktur dan beserta asistennya yang akan melatih dan memberi materi dalam kursus tersebut, akan ditunjuk langsung oleh PSSI Pusat.

Sedangkan, untuk kuota dalam kursus pelatih sepak bola lisensi C itu dalam satu kelasnya maksimal berjumlah 30 orang, dengan pendaftaran telah dibuka sejak Rabu (2/11/2022), dan akan ditutup jika kuota terpenuhi.

Rencananya, pelatihan itu akan dilaksanakan di Malang, tetapi untuk tempat spesifiknya masih dalam tahap memastikan. Ia berharap, program itu dapat memberi pengetahuan tentang kepelatihan kepada eks punggawa timnas yang ingin menjadi pelatih.

Sehingga, dalam menjalankan tugasnya nanti akan semakin bagus, mengingat mereka telah memiliki jam terbang yang tinggi dalam dunia sepak bola. (ris/bil/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
25o
Kurs