Sabtu, 18 Mei 2024

Api Porprov VIII Kembali ke Sidoarjo, Meriahkan Opening Ceremony di GDS

Laporan oleh Risky Pratama
Bagikan
Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jawa Timur saat menerima obor api Porprov VIII di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Jumat (8/9/2023). Foto: Risky suarasurabaya.net

Setelah finish dan menginap semalam di Gedung Negara Grahadi Surabaya, obor api Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) VIII Jawa Timur kembali dibawa ke Sidoarjo, Jumat (8/9/2023).

Obor itu dikembalikan ke Sidoarjo untuk mengikuti prosesi seremoni pembukaan Porprov VIII yang akan diselenggarakan di Gelora Delta Sidoarjo (GDS), pada Sabtu (9/9/2023).

Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jawa Timur mengatakan bahwa api Porprov tersebut merupakan simbol dari berkobarnya semangat dalam meraih prestasi.

“Hanya semalam di Gedung Negara Grahadi, kemudian bergerak ke Sidoarjo bersama-sama memeriahkan pembukaan. Ini upaya membangun semangat, menjaga sportivitas dan menyiapkan pertandingan berjalan dengan fair play,” ucapnya seusai menerima api Porprov, Kamis (7/9/2023) malam.

Khofifah menyebut, sebelum tuntas mencapai garis finish, kirab api tersebut telah mengelilingi sebanyak 45 Kecamatan di empat Kabupaten/Kota tuan rumah, yakni di Kabupaten Sidoarjo, Kabupaten Mojokerto, Kabupaten Jombang dan Kota Mojokerto.

“Artinya semangat kita adalah semangat 45, yang merupakan semangat perjuangan,” tuturnya.

Ia juga mengungkapkan bahwa seluruh persiapan penyelenggaraan Porprov, sudah mencapai seratus persen dan siap dibuka serta diselenggarakan hingga tuntas.

“Bersama maskot-maskot ini juga tentu menjadi perlambang kita semua bisa dan semangat,” ujarnya.

Seperti diketahui, gelaran Porporv VIII Jatim yang dilaksanakan pada tanggal 9 hingga 16 September itu, menampilkan total 4.720 pertandingan di 120 venue.

Sebanyak 13.008 atlet yang terdiri dari 7.925 atlet putra dan 5.083 putri, akan memperebutkan 859 medali emas, 859 medali perak dan 1172 medali perunggu dalam 54 cabang olahraga.(ris/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Sabtu, 18 Mei 2024
32o
Kurs