Senin, 29 April 2024

BWF Izinkan Atlet Rusia dan Belarus Kembali Berkompetisi Mulai 26 Februari 2024

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Ilustrasi - Trik servis spin terbaru. Foto: Reuters

Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF) memberikan izin kepada atlet bulu tangkis Rusia dan Belarus untuk berkompetisi kembali mulai 26 Februari 2024 dengan status “atlet netral perorangan”.

“Kami merasa keputusan untuk mencabut skorsing terhadap atlet Rusia dan Belarus yang memenuhi kriteria untuk berpartisipasi sebagai atlet netral individu merupakan langkah maju yang positif sebagai bagian dari upaya kami untuk mempromosikan perdamaian dan solidaritas,” kata Poul-Erik Høyer Presiden BWF dalam keterangan resminya Rabu (30/8/2023).

“Ini adalah keputusan penting untuk olahraga ini. BWF terus menyatakan dukungan yang teguh kepada rakyat Ukraina dan komunitas bulu tangkis Ukraina, dan kami mengutuk keras invasi ke Ukraina yang bertentangan dengan nilai-nilai inti BWF dan tujuan kami untuk mencapai perdamaian,” lanjut Høyer.

Melansir Antara, beberapa aspek peraturan dan operasional masih dalam proses pengembangan selama beberapa bulan mendatang untuk mengatur kerangka operasional secara keseluruhan. Sementara itu, proses penentuan kelayakan atlet juga akan segera dimulai.

Kerangka kerja ini mengikuti kriteria kelayakan Komite Olimpiade Internasional (IOC) untuk berpartisipasi dan mencakup proses administrasi terperinci untuk mendukung masuknya pemain dari Rusia dan Belarus sebagai atlet netral.

Sebuah panel khusus akan dibentuk untuk mengatur proses kelayakan pemain, melalui uji coba dan pemeriksaan persyaratan masuk. BWF juga akan terus memantau tingkah laku dari setiap “atlet netral individu” guna memastikan kepatuhan mereka terhadap ketentuan yang telah ditetapkan.

“Dewan BWF juga menyelaraskan diri dengan prinsip-prinsip IOC dan gerakan olahraga global seputar partisipasi terbuka atlet dalam kompetisi internasional,” ujar Høyer.

“Banyak upaya telah dilakukan untuk menciptakan proses yang aman dan menyeluruh untuk mendukung keputusan ini dan protokol penting telah diterapkan untuk melindungi semua peserta di masa mendatang,” imbuhnya. (ant/dvn/saf/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
28o
Kurs