Kamis, 2 Mei 2024

Josep Gombau Pelatih Baru Persebaya Mulai Pantau Latihan Tim

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Josep Gombau Pelatih asal Spanyol (kanan) bersama Uston Nawawi pelatih carteker Persebaya Surabaya (kedua kanan) memantau latihan pemain di Stadion Gelora 10 November Surabaya, Kamis (14/9/2023) sore. Foto: Antara

Josep Gombau pelatih kepala Persebaya Surabaya yang baru didampingi Uston Nawawi pelatih carteker, memantau tim berlatih di Stadion Gelora 10 November Surabaya sebagai persiapan menghadapi laga tandang melawan Madura United.

“Alhamdulillah pelatih baru sudah datang,” kata Yahya Alkatiri Manajer Persebaya Surabaya dalam keterangannya, Jumat (15/9/2023) dikutip Antara.

Yahya Alkatiri mengatakan, Josep Gombau mendampingi pemain Persebaya berlatih di Stadion Gelora 10 November Surabaya, pada Kamis (14/9/2023) kemarin.

Ia berharap pendaftaran nama pelatih Josep Gombau ke PT Liga Indonesia Baru (LIB) bisa segera selesai sebelum pertandingan melawan Madura United, pada Minggu (17/9/2023) mendatang.

“Sudah kami daftarkan sebenarnya pada hari itu, semoga sebelum pertandingan besok sudah clear semuanya di LIB,” ucapnya.

Menurut dia, kemungkinan besar pelatih baru akan dibawa saat tim yang berjuluk Bajol Ijo tersebut bertandang ke Madura. “Nanti di Madura Insyaallah ikut,” katanya.

Yahya menjelaskan, manajemen akhirnya menjatuhkan pilihan ke pelatih asal Spanyol tersebut karena dilihat dari segi pengalamannya.

“Selain banyak pengalamannya, Josep Gombau dinilai cocok untuk membangun Persebaya secara keseluruhan,” ujarnya.

Oleh karena itu, manajemen Persebaya segera mematenkan kontrak mantan pelatih klub asal Liga Super India Odisha FC tersebut.

“Kami sudah patenkan selama satu musim, nanti kami lihat perkembangan berikutnya,” tuturnya.

Sementara untuk status dari Uston Nawawi, Persebaya akan segera mengumumkan melalui ofisial. “Untuk status Uston Nawawi nanti dilihat saja pengumumannya,” kata Yahya.

Selain itu, dirinya berpesan agar para pemain dari klub kebanggaan Arek-Arek Suroboyo tersebut dapat bermain baik dalam setiap laga.

“Kami dari manajemen ingin setiap Persebaya bertanding harus tampil dengan baik dan menang,” ujarnya.

Hingga saat ini, menurut situs data sepak bola Transfermarkt, pemilik nama lengkap Josep Gombau Balague berstatus tanpa klub.

Selain itu, pelatih kelahiran Juni 1976 tersebut sudah memiliki lisensi UEFA Pro. Klub terakhir yang dia latih ialah Odisha FC asal Liga Super India.

Pelatih yang dinaungi agen DV7 Management tersebut pernah melatih Espanyol dari junior, scout hingga direktur teknis.

Selanjutnya, dia ke Barcelona sebagai pemandu bakat pemain muda dan asisten pelatih. Dirinya juga pernah melatih di timnas Australia di kategori U-24 bahkan senior.

Klub lainnya yang pernah ia latih adalah Kitchee SC (Hong Kong), Adelaide United FC (A-Leauge Australia), WS Wanderers FC (A-Leauge Australia), Queensboro FC (USL, Amerika Serikat), dan Odisha FC (Liga Super India). (ant/bil/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Kamis, 2 Mei 2024
33o
Kurs