Minggu, 3 Maret 2024

Piala Dunia U-17: Inggris Pesta 10 Gol ke Gawang Kaledonia Baru

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Tyler Dibling melepaskan tendangan yang mengoyak gawang Kaledonia Baru di laga pembuka Grup C Piala Dunia U-17 di Jakarta Internasional Stadium, Sabtu (11/12/2023). Foto: Friends of Football

Inggris memulai pertandingan perdana Grup C Piala Dunia U-17 dengan melibas Kaledonia Baru 10-0, dalam laga yang berlangsung di Jakarta Internasional Stadium (JIS), Sabtu (11/11/2023) malam.

MelansirAntara, Inggris memperoleh peluang pada menit ke-3 melalui sontekan Lewis-Skelly Myles namun masih dapat dipatahkan Kutran kiper Kaledonia Baru. Sepakan keras dari Jayden Meghoma pada menit kelima, juga masih mampu diblok barisan pertahanan lawan.

Selanjutya, tembakan chip pada menit kesembilan dari Sam Amo-Ameyaw juga berhasil ditangkis Kutran, serta sepakan Justin Oboavwoduo yang kembali digagalkan kiper Kaledonia baru itu.

Inggris memperoleh penalti usai pemain Kaledonia Baru melakukan pelanggaran. Reiss Denny yang maju sebagai algojo sukses menyarangkan bola di sisi kanan Kutran, dan membawa Inggris unggul 1-0 pada menit ke-15.

Kaledonia Baru akhirnya memperoleh peluang pada menit ke-18, lewat tembakan jarak jauh Anthony Levy, sayang upaya itu masih belum membuahkan hasil.

The Young Lions justru mampu menggandakan kedudukan menjadi 2-0 pada menit ke-30, lewat aksi solo run dari Tyler Dibling di sisi kanan mampu mengirimkan umpan silang yang disambut Oboavwoduo.

Pada menit ke-34, Dibling melepaskan sontekan ke arah tiang dekat yang tak mampu ditahan Kutran dan menambah keunggulan Inggris menjadi 3-0. Dibling hampir mencetak brace, namun tendangannya pada menit ke-38 masih melebar dari gawang.

Menit ke-43, Amo-Ameyaw melakukan tembakan namun masih melebar dari gawang Inggris. Di masa perpanjangan waktu, Amo-Ameyaw kembali mengancam tapi sepakan keras di tiang dekatnya dengan mudah ditangkis.

Jelang berakhirnya babak pertama, Inggris yang memperoleh tendangan sudut mampu memanfaatkan peluang melalui sundulan Acheampong untuk menambah kedudukan menjadi 4-0.

Selanjutnya memasuki babak kedua, Kaledonia Baru harus bermain dengan sepuluh pemain usai Nolhann Alebete kedapatan memukul Myles Lewis-Skelly.

Unggul jumlah pemain, Inggris justru tak mengendorkan serangan. Memanfaatkan umpan Joel Ndala, tendangan dari Amo-Ameyaw membawa The Young Lions unggul 5-0 pada menit ke-51.

Enam menit berselang, pada menit ke-57, Oboavwoduo melepaskan sepakan untuk menambah keunggulan Inggris menjadi 6-0.

Dimenit ke-77 sepakan dari luar kotak penalti Ethan Nwaneri bersarang ke sisi kanan gawang Kaledonia Baru, dan membawa Inggris unggul 7-0. Pada menit ke-79, tendangan dari Michael Golding sukses membawa Inggris unggul 8-0.

Menit ke-84, Ethan Nwaneri mengirimkan umpan silang yang disambut oleh sundulan Harrison Murray-Campbell untuk membawa Inggris berpesta gol 9-0.

Terakhir, tendangan dari luar kotak penalti Finley McAllister pada menit ke-90, melaju mulus ke sisi kanan gawang dan membuat kedudukan menjadi 10-0.

Hasil ini membuat tim asuhan Ryan Garry untuk sementara menempati posisi puncak Grup C dengan perolehan tiga poin. Sementara Kaledonia Baru berada di posisi paling bawah.(ant/feb/bil/rid)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Kecelakaan Truk Box dan Motor di Sukorejo Pasuruan

Tetap Nyoblos Meski TPSnya Banjir

Surabaya
Minggu, 3 Maret 2024
27o
Kurs