Jumat, 3 Mei 2024

Usai Jadi Venue Piala Dunia U-17, Wisata Olahraga Stadion GBT Langsung Disiapkan

Laporan oleh Meilita Elaine
Bagikan
Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) Surabaya terlihat sangat terang karena listrik selalu nyala selama pertandingan Piala Dunia U-17 2023. Foto: PLN Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) Surabaya terlihat sangat terang karena listrik selalu nyala selama pertandingan Piala Dunia U-17 2023. Foto: PLN

Usai menjadi salah satu venue Piala Dunia U-17 2023, Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya langsung menyiapkan wisata olahraga Stadion Gelora Bung Tomo (GBT).

Eri Cahyadi Wali Kota Surabaya menyebut, rencana wisata olahraga stadion itu harus terealisasi karena sebagai bentuk kebanggaan Stadion GBT sebagai helatan akbar sepak bola junior FIFA itu.

“GBT ini setelah pertandingan (Piala Dunia) U-17, kami kembangkan jadi wisata stadion. Kalau Madrid punya, Barcelona punya, Surabaya juga punya GBT yang pernah dibuat Piala Dunia,” kata Eri, Sabtu (25/11/2023).

Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya saat ini sedang menginventarisir foto-foto kapten Tim Nasional Indonesia maupun luar negeri, yang pernah bertanding di Stadion GBT. Termasuk tim kebanggan arek-arek Suroboyo, yakni Persebaya.

“Kami membuat ruangan memiliki sejarah. kami meminta (foto) kapten-kapten tim yang pernah bermain di Surabaya, diletakkan (di) sebuah ruangan,” ujarnya lagi.

Wisata olahraga ini, sambungnya, akan terintegrasi dengan wisata lain di Surabaya yang rata-rata bertema heritage. “Ada wisata yang akan konek ke GBT,” jelasnya.

Rencana yang sudah digaungkan sebelum Piala Dunia U-17 2023 digelar itu, kata Eri, baru akan direalisasi pertengahan tahun depan.

“(Sekarang) kita masih koordinasi dengan Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) stiker yang dipasang (untuk Piala Dunia) jangan dilepas. Biar jadi bagian yang tidak terlupakan, juga titik ruangan tertentu akan kami kerja sama dengan orang yang paham, agar stadion bisa jadi wisata seperti Madrid dan Barcelona. Pertengahan 2024 bisa dinikmati wisata Stadion GBT,” bebernya.

Tentu, pengembangan wisata olahraga akan diiringi dengan peningkatan kualitas para pemain bola asal Surabaya.

“Anak terbaik kami masukkan diklat kami masukkan Liverpool. kami lakukan kerja sama klub-klub dunia Sister city Kota Surabaya untuk menambah pengalaman. Semoga semangat bertambah, dan akan muncul pemain muda baru sehingga Surabaya akan terkenal sebagai kota olahraga sepak bola,” tandasnya.

Diberitakan sebelumnya, tujuan pembuatan sport tourism ini, untuk menambah alternatif tempat wisata salah satunya bidang olahraga sekaligus membanggakan Persebaya Surabaya, tim kesayangan warga Kota Pahlawan. (lta/bil/faz)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Jumat, 3 Mei 2024
29o
Kurs