Kamis, 25 Juli 2024

Ferrari Sebut Dominasi Red Bull Mulai Terancam dengan Pabrikan Lain

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Aksi Carlos Sainz Jr pembalap Ferrari dalam GP Australia di Sirkuit Grand Prix Melbourne pada Minggu (24/3/2024). Foto: Reuters

Frederic Vasseur Kepala Tim Ferrari menyebut, bahwa posisi puncak dan dominasi Red Bull sudah mulai terancam oleh pabrikan lain seperti timnya dan McLaren.

Hal itu menyusul atas kemenangan pertama Lando Norris (McLaren) pada Grand Prix Miami, serta dua pembalap Ferrari, Charles Leclerc dan Carlos Sainz yang konsisten berada di barisan terdepan pada setiap seri balap musim ini.

“Saya pikir, McLaren dan kami (Ferrari) mungkin dapat sedikit menyusahkan Red Bull (pada musim ini),” kata Vasseur, dikutip Antara, Jumat (10/5/2025).

Red Bull kalah dalam dua dari enam balapan pembuka musim 2024, kemenangan non-Red Bull pertama musim ini adalah dari Sainz yang menang di GP Australia.

Hal ini tentu berbeda jauh dari dominasi Red Bull tahun lalu, dimana secara sensasional pabrikan tersebut bersama Max Verstappen dan Sergio Perez memenangkan 21 dari 22 balapan.

Vasseur juga menilai bahwa Red Bull memang masih memiliki peluang untuk memenangkan balapan-balapan mendatang, tetapi perlu diingat bahwa tim lain juga terus melakukan pengembangan dari aspek teknis dan nonteknis demi menggeser kepercayaan diri tim juara bertahan tersebut.

“Ketika kami mampu melakukan pekerjaan dengan baik dan melakukan segalanya bersama-sama, kami berada di trek yang tepat. Artinya, kami memberi mereka sedikit tekanan, dan mereka harus lebih agresif dalam menyusun strategi,” ucapnya.

Meski kalah di Miami, Red Bull tetap memimpin klasemen konstruktor dengan 239 poin, unggul 52 poin dari Ferrari dan unggul 63 poin dari McLaren.

“Mereka (Red Bull) tidak lagi berada dalam zona nyaman seperti tahun lalu. Saya pikir, ini adalah kesempatan bagi kami. Jika kami dapat melakukan langkah kecil lagi, saya kira kami akan berada dalam posisi yang sangat baik untuk bersaing dengan mereka setiap akhir pekan,” imbuhnya.

Sementara itu, putaran ketujuh Formula 1 2024 yakni Grand Prix Emilia-Romagna akan berlangsung di kandang Ferrari yakni Autodromo Internazionale Enzo e Dino Ferrari atau Sirkuit Imola, pada 17 hingga 19 Mei 2024.(ant/man/iss)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Perahu Nelayan Terbakar di Lamongan

Surabaya
Kamis, 25 Juli 2024
31o
Kurs