Jumat, 19 Juli 2024

Opening Ceremony ASEAN University Game 2024 Digelar Selasa Malam di Unesa

Laporan oleh Risky Pratama
Bagikan
Ilustrasi - Closing ceremony ASEAN University Games (AUG) 2022 yang berlangsung pada Juli 2022 di Provinsi Ubon Ratchathani, Thailand. Foto: Kemlu RI

ASEAN University Game (AUG) 2024 yang digelar di Surabaya dan Malang akan dimulai pada Selasa (25/6/2024) hari ini. Gelaran ini dibuka di International Basketball Arena, Universitas Negeri Surabaya (Unesa) pada Selasa malam.

Muhammad Arif Al Ardha Koordinator AUG 2024 mengatakan bahwa opening ceremony sudah siap digelar. Selain itu, pihaknya juga telah melakukan simulasi dan pemetaan.

“Untuk pagelaran di upacara pembukaan nanti melibatkan talent, yang terdiri dari artis nasional dan mahasiswa yang akan menyuguhkan penampilan-penampilan,” jelasnya.

Dalam pembukaan AUG nanti malam, akan dihadiri oleh atlet, pelatih, dan official tim dari masing-masing negara dan jajaran pimpinan ASEAN University Sports Council (AUSC).

“Akan dihadiri juga oleh Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Ditjen Diktiristek Kemendikbudristek, Pengurus Pusat Badan Pembina Olahraga Mahasiswa Indonesia (PP Bapomi), jajaran federasi dan organisasi olahraga pusat hingga daerah, pemerintah daerah-kota, dan pihak-pihak terkait lainnya,” bebernya.

Perhelatan kompetisi bergengsi tingkat Asia Tenggara itu, kata dia, melibatkan sejumlah unsur yang tergabung dalam Panitia AUG 2024, yakni Bapomi, Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI), Komite Olimpiade Indonesia, Pengurus Besar Cabang Olahraga.

Sedangkan dari unsur pemerintah, ada Kementerian Pemuda dan Olahraga, Kementerian Koordinator Bidang Maritim dan Investasi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, TNI-Polri, Direktorat Belmawa, Pusat Prestasi Nasional, dan Balai Pengembangan Talenta Indonesia.

“Di daerah juga melibatkan peran Pemerintah Provinsi Jawa Timur, Pemerintah Kota Surabaya, Pemerintah Kota Malang, dan Pemerintah Kabupaten Malang,” imbuhnya.

Seperti diketahui, AUG merupakan gelaran olahraga dua tahunan. AUG pertama kali diadakan di Chiang Mai, Thailand pada 1981. Indonesia sendiri, telah menjadi tuan rumah AUG sebanyak lima kali, yaitu pada tahun 1982, 1990, 2004, 2014, dan 2024.(ris/saf/faz)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Perahu Nelayan Terbakar di Lamongan

Surabaya
Jumat, 19 Juli 2024
30o
Kurs