Selasa, 30 April 2024

ASEAN University Games 2024 Diikuti 4000 Atlet dan Ofisial, Opening Ceremony Digelar di Unesa

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Prof. Ts. Dr. Mohd Rusllim Mohamed Presiden ASEAN University Sports Council (AUSC) dalam pertemuan delegasi peserta ASEAN University Games (AUG) 2024 di Unesa, Rabu (31/1/2024) petang. Foto: Humas Unesa

Kurang lebih 4.000 atlet dan ofisial dari sebelas negara akan berpartisipasi di ASEAN University Games (AUG) 2024. Multiajang olahraga khusus mahasiswa itu berlangsung Surabaya dan Malang pada 25 Juni hingga 7 Juli 2024.

“Kurang lebih 4.000 orang yang terdiri atlet dan ofisial akan datang ke Surabaya dan Malang pada Juni hingga Juli mendatang,” kata Prof. Ts. Dr. Mohd Rusllim Mohamed Presiden ASEAN University Sports Council (AUSC), Rabu (31/1/2024) petang.

Ribuan peserta itu berasal dari sebelas negara anggota AUCS, yakni Thailand, Myanmar, Singapura, Filipina, Malaysia, Kamboja, Laos, Vietnam, Brunei, Timor Leste, dan tuan rumah Indonesia.

Rusllim menyebut ada 22 cabang olahraga yang ditawarkan ke peserta untuk dipertandingkan di ajang ini.

Sejumlah cabang olahraga rencananya akan berlangsung di Surabaya. Seperti atletik, basket 5×5, renang, petanque, tenis, futsal, handball, basket 3×3, voli indoor, judo, panjat tebing, wushu, bridge, dan catur.

Kemudian cabang olahraga yang diproyeksikan digelar di Malang adalah panahan, badminton, voli pantai, sepak takraw, taekwondo, karate, dan pencak silat.

“Ada 22 cabang olahraga yang kami ajukan. Tapi setelah meeting dengan para delegasi, kemungkinan 20. Tapi nanti ada negoriasi kembali. Kemungkinan akan ada 21 cabang olahraga yang dipertandingkan di Surabaya dan Malang,” imbuh pria asal Malaysia ini.

Rencananya, ASEAN University Games edisi ke-21 ini akan dilangsungkan di sembilan perguruan tinggi di Surabaya dan Malang.

Ajang ini dilangsungkan di empat perguruan tinggi di Malang, yakni Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Universitas Islam Malang (Unisma), Universitas Negeri Malang (UM), dan Universitas Brawijaya (UB).

Sementara yang di Surabaya yaitu Universitas Negeri Surabaya (Unesa), Universitas Airlangga (Unair), Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Universitas Surabaya (Ubaya) dan Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur (UPN Jatim).

Opening ceremony dilangsungkan di Graha Unesa pada 25 Juni. Upacara penutupan berlangsung di Universitas Negeri Malang. (saf/faz)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Selasa, 30 April 2024
26o
Kurs