Selasa, 25 Juni 2024

Pembalap Indonesia Berhasil Lolos ke Olimpiade 2024

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Bernard Benyamin van Aert atlet cabang balap sepeda disiplin track. Foto: NOC Indonesia Bernard Benyamin van Aert atlet cabang balap sepeda disiplin track. Foto: NOC Indonesia

Bernard Benyamin van Aert pembalap sepeda Indonesia berhasil memastikan tiket ke Olimpiade 2024 di Paris.

Berdasarkan laporan Union Cycliste Internationale (UCI) pada Senin (22/4/2024), Bernard lolos melalui kualifkasi negara untuk disiplin track nomor Omnium Putra.

Menurut aturan UCI, ada 22 negara yang bisa lolos ke Olimpiade 2024 Paris dari tiga nomor perlombaan di disiplin track endurance.

“Alhamdulillah, setelah 20 tahun penantian panjang akhirnya Indonesia kembali meloloskan atlet balap sepeda dari disiplin track, nomor omnium di Olimpiade,” kata Raja Sapta Oktohari Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia, Selasa (23/4/2024).

Sebelumnya, Indonesia juga pernah meloloskan atlet balap sepeda dari disiplin track ke Olimpiade melalui Santia Tri Kusuma pada Olimpiade 2004. Saat itu, Santia turun di nomor point race putri berhasil mewakili Indonesia lolos ke Athena.

“Semoga lolosnya Bernard ke Paris 2024 menjadi motivasi buat atlet dari cabang olahraga lainnya untuk mengikuti jejaknya,” ungkap Okto.

Sementara itu, Dadang Haries Poernomo Kepala Pelatih Timnas Balap Sepeda Indonesia menjelaskan Bernard telah melalui perjalanan panjang untuk mengejar poin kelolosan menuju Paris 2024 sejak tahun 2023.

“Timnas balap sepeda sudah mentargetkan Bernard lolos. Alhamdulillah dengan perjuangan yang sangat berat dan panjang melawan gempuran teknologi dari tim negara-negara besar yang setiap tahun berkembang,” ujar Dadang. (azw/saf/ham)

Berita Terkait

..
Surabaya
Selasa, 25 Juni 2024
25o
Kurs