Kamis, 2 Mei 2024

Presiden FIFA Serukan Perjuangan Melawan Rasisme yang Masih Terus Terjadi

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Gianni Infantino Presiden FIFA. Foto: FIFA

Gianni Infantino Presiden FIFA menyerukan perjuangan bersama melawan rasisme yang masih terjadi di pertandingan olahraga, khususnya sepak bola.

Hal itu dia sampaikan setelah beberapa kali pelecehan yang dialami Vinicius Junior penyerang Real Madrid dan timnas Brazil.

Infantino dalam pertemuannya dengan Konfederasi Sepak Bola Amerika Selatan (CONMEBOL) di Asuncion, Paraguai, Kamis (11/4/2024), menyatakan bahwa maraknya kasus rasisme menunjukkan masih ada “masalah” dalam olahraga tersebut.

“Kami harus bersatu melawan rasisme,” katanya dalam acara yang dihadiri Presiden Uruguay dan Paraguay selaku tuan rumah pertandingan perdana Piala Dunia 2030 bersama Argentina itu.

“Vinicius dan yang lainnya menderita. Tidak ada alasan untuk melakukan serangan tersebut. Kami harus bersatu melawan kekerasan itu,” kata Infantino seperti dilansir Antara, Jumat (12/4/2024).

Bulan lalu, Spanyol dan Brazil menyelenggarakan pertandingan persahabatan di Madrid guna meningkatkan kesadaran pecinta sepak bola agar bersama-sama mencegah tindakan rasialisme.

Sebelum pertandingan itu, Vinicius mengatakan keinginannya untuk bermain sepak bola semakin menurun seiring meningkatnya insiden pelecehan rasial yang ditujukan kepadanya di Spanyol.

Selain Vinicius, pemain kulit berwarna lainnya juga mengalami pelecehan di Eropa, Brazil, dan negara lain dalam beberapa bulan terakhir. (ant/bil/ham)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Kamis, 2 Mei 2024
31o
Kurs