Rabu, 8 April 2020

Minimalkan Golput, Camat Rungkut Bagikan Dorprize

Laporan oleh Restu Indah
Bagikan

Untuk menekan angka golput, Ridwan Mubarun Camat Rungkut, Kota Surabaya, membagikan “doorprize” atau hadiah kepada warga yang mempunyai hak pilih dalam coblos ulang Pemilu Legislatif di wilayahnya, Minggu (13/4/2014).

“Inisiatif timbul saat adanya pemberitahuan dilakukannya coblos ulang di tiga TPS di kecamatan Rungkut. Saat itu, saya berpikir jika digelar pada hari Minggu, tentunya banyak warga Rungkut yang ke pabrik sehingga banyak yang golput,” katanya.

Untuk itu, Ridwan mempunyai inisiatif dengan memberikan “doorprize” berupa setengah lusin atau enam gelas kepada warga yang bersedia hadir di TPS untuk menggunakan hak pilihnya. “Kita buat perangsang berupa doorprize agar mereka hadir,” katanya.

Namun demikian, lanjut dia, sebelum pelaksanaan coblos ulang, pihaknya tetap melakukan sosialisasi kepada pengurus RT dan RW setempat. Hal ini dilakukan agar tidak ada kesan bahwa apa yang dilakukannya bertujuan politis atau pesanan dari caleg lain.

“Ini kami lakukan murni agar partisipasi warga untuk mencoblos tinggi,” katanya. Ridwan mengatakan hingga pukul 10.30 WIB, tingkat partisiapsi warga tinggi dengan dibuktikan warga yang sudah hadir di TPS 15 mencapai 325 pemilih dari total 489 pemilih.

“Kalau pemilu 9 April lalu total hanya 340 orang. Ini belum selesai sudah banyak yang hadir,” katanya. Tentunya dalam pemberian “doorprize” kali ini, Ridwan meminta bantuan dari perusahaan swasta yang ada di Rungkut. “Perusahaan swasta itu suka rela memberikan bantuan,” katanya pada Antara.

Komisioner KPU Pusat Arief Budiman saat meninjau pelaksanaan coblos ulang d TPS 15 Kalirungkut Surabaya memberikan apresiasi kepada Camat Rungkut yang sudah punya kepedulian untuk menumbuhkan partisipasi warga.(ant/rst)

Berita Terkait
Potret NetterSelengkapnya

Banjir di Blega, Bangkalan

Banjir di depan Lippo Plaza Sidoarjo

Banjir di Sememi

Kebakaran Rumah di Griya Kebraon Tengah

Surabaya
Rabu, 8 April 2020
25o
Kurs