Kamis, 16 Mei 2024

DPR Setujui Enam Calon Hakim Menjadi Hakim Agung

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Gedung Mahkamah Agung.

Aziz Syamsudin Ketua Komisi III DPR mengatakan, pihaknya sudah menggelar rapat pleno internal dengan agenda pengambilan keputusan terhadap calon Hakim Agung. Pengambilan putusan dilakukan dengan cara musyawarah untuk mufakat dengan meminta pandangan fraksi-fraksi di Komisi III.

“Enam fraksi menyatakan persetujuan bulat terhadap ke enam calon Hakim Agung. Tiga fraksi setuju dengan beberapa catatan. Sementara 1 fraksi hanya setuju tiga nama dari enam calon hakim agung,” kata Aziz saat membacakan laporan hasil seleksi Hakim Agung dalam sidang paripurna DPR, Jumat (3/7/2015).

Aziz mengatakan, enam calon hakim agung yang disetujui adalah Suhardjono, Wahidin, Sunarto, Maria Anna Samiyati, Yosran dan Mukti Arto.

Sementara rapat paripurna yang dipimpin oleh Fahri Hamzah Wakil Ketua DPR meminta seluruh anggota dewan memberikan tanggapan terhadap enam calon Hakim Agung tersebut.

“Perkenankan para anggota dewan, apakah laporan Komisi III mengenai hasil calon enam hakim Mahkamah Agung disetujui?,” tanya Fahri.

Namun tanpa ada tanggapan apa pun, seluruh anggota Dewan langsung menyetujui enam hakim agung.

“Setuju,” jawab para anggota dewan serentak.

Selanjutnya, Fahri Hamzah langsung mengetok palu sebagai tanda persetujuan paripurna DPR. “Kepada enam hakim agung, kami persilakan berdiri. Ini lah mereka yang terpilih,” ujar politisi PKS ini.(faz/iss/wak)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Kamis, 16 Mei 2024
27o
Kurs