Selasa, 18 Juni 2024

KPU Surabaya Gelar Simulasi Pemungutan Suara

Laporan oleh Dodi Pradipta
Bagikan

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Surabaya menggelar simulasi pemungutan suara dan penghitungan suara di lantai 3 kantor KPU Surabaya, Minggu (8/11/2015).

Nurul Amalia Komisioner KPU Surabaya mengatakan simulasi ini ditujukan untuk para panitia pemilihan kecamatan (PPK) dan panitia pemungutan suara (PPS) di tingkat kelurahan.

“Mengingat hari pemungutan suara sudah sebulan lagi, simulasi ini menjadi penting agar para panitia pemungutan suara di tingkat kelurahan dan kecamatan benar-benar siap secara teknis dalam melakukan bimtek kepada KPPS,” katanya seperti dilansir Antara.

Menurut dia, simulasi ini didesain mulai dari persiapan, pemungutan sampai penghitungan, sehingga diharapkan bisa memberikan gambaran terhadap tugas masing-masing KPPS.

Selain mengundang PPK dan PPS, lanjut dia, simulasi tersebut juga menghadirkan para calon pemilih yang menyandang disabilitas. Mereka turut diundang untuk mengetahui cara mencoblos lembar surat suara yang dalam pelaksanaan Pilkada Surabaya 2015 ini dilengkapi dengan braille.

“Dengan demikian kami juga berharap agar para penyandang disabilitas yang memiliki hak suara tidak mengalami kesulitan pada tanggal 9 Desember nanti. Selain itu, kami juga ingin memastikan bahwa panitia pemungutan suara tahu apa yang harus dilakukan untuk membantu pemilih yang menyandang disabilitas,” ujarnya. (ant/dop)

Berita Terkait

..
Surabaya
Selasa, 18 Juni 2024
27o
Kurs