Sabtu, 27 April 2024

Garda Bangsa Terjunkan Trauma Center ke Banjir Sampang

Laporan oleh Fatkhurohman Taufik
Bagikan

Dewan Koordinasi Wilayah (DKW) Garda Bangsa Jawa Timur mengirimkan tim trauma center ke wilayah banjir yang ada di Kabupaten Sampang. Tim akan memberikan pendampingan bagi warga sehingga dampak banjir tak sampai memperburuk beban psikologis mereka.

“Tim ini selain memberikan pendampingan juga menyalurkan bantuan kemanusiaan berupa makanan siap saji serta sembako bagi korban banjir,” kata Kabil Mubarok, Ketua DKW Garda Bangsa Jawa Timur, dalam keterangan pers yang dikirimkan ke suarasurabaya.net, Rabu (2/3/2016).

Sekadar diketahui, banjir Sampang yang terjadi beberapa waktu lalu setidaknya menyebabkan 6 desa, dan 7 kelurahan terendam. Banjir juga mengakibatkan 11 ribu orang terdampak dan mengalami kerugian baik materi maupun mengalami traumatik. Apalagi, banjir Sampang selain dalam juga arinya sangat deras.

Menurut Kabil, tim trauma center ini secara bertahap akan masuk ke daerah terdampak untuk melakukan pendampingan langsung bagi korban banjir.

Tim yang terdiri dari 25 kader Garda Bangsa dari DKW Jawa Timur, DKC Sampang dan DKC Bangkalan ini, mulai bekerja sejak hari ini dan mendirikan posko center di Jalan Haji Gunung, Kelurahan Gunung Sekar, Sampang.

“Tim juga mendirikan pusat bermain dan pendidikan bagi anak-anak korban banjir,” ujarnya.

Sementara itu, Chusainudin, Ketua Garda Siaga Bencana Jawa Timur mengatakan, saat ini seluruh tim Garda Siaga juga telah diminta waspada di daerahnya masing-masing.

“Masing-masing DKC kita siagakan 30 personel untuk siaga di daerahnya masing-masing. Jika ada bencana, mereka langsung bekerja,” ujarnya. (fik/rst)

Teks Foto :
-Personel Garda Bangsa saat di Sampang.

Foto : istimewa

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 27 April 2024
32o
Kurs