Kamis, 18 April 2024

Bambang Susetyo Berharap Densus Tipikor Menekankan Upaya Pencegahan Korupsi

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan

Bambang Soesatyo Ketua Komisi III DPR RI mengatakan, Detasemen Khusus Tindak Pidana Korupsi (Densus Tipikor) yang akan dibentuk Polri sebaiknya tidak hanya fokus pada penindakan. Tapi, harus memberi nilai tambah, memberi perhatian pada aspek pencegahan dan upaya menumbuhkan efek jera.

“Jadi, selain menggelar penindakan, Densus Tipikor hendaknya juga bisa memberikan rekomendasi bagi upaya pencegahan korupsi, serta rekomendasi tentang strategi menumbuhkan efek jera. Di situlah nilai tambah Densus Tipikor,” kata Bambang dalam pesan singkatnya, Senin (24/7/2017).
.
Menurut Bambang, Densus Tipikor harus merancang program spesifik tentang pencegahan korupsi, serta upaya membangun efek jera. Sebab, kalau fokus pada penindakan, kapabilitas Polri sudah tak perlu diragukan lagi.

“Polri bisa mengungkap banyak kasus jika semua kepolisian daerah (Polda) digerakkan. Banyak dugaan kasus Tipikor di daerah belum diperlakukan sebagaimana mestinya, kendati sering dipergunjingkan warga setempat,” ujarnya.

Selain itu, kata dia, kehati-hatian dalam membentuk organisasi dan satuan-satuan kerja Densus Tipikor harus diutamakan. Potensi penyalahgunaan wewenang harus diminimalisir. Sebab, mengendus dan mengintai terduga koruptor itu sangat dekat dengan tumpukan uang. Pekerjaan yang sarat godaan.

Dalam konteks itu, menurut Bambang, kearifan Polri menjadi faktor yang sangat signifikan karena Densus Tipikor akan menjadi sebuah pertaruhan besar lagi strategis bagi masa depan institusi Polri. Segenap jajaran piminan Polri harus memastikan dan menjamin bahwa Densus Tipikor bukan hanya bekerja sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya, melainkan juga jujur, bersih serta taat azas. (faz/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 18 April 2024
29o
Kurs