Minggu, 19 Mei 2024

Pimpin Tim Kampanye Jokowi-Ma’ruf di Jatim, Ini Strategi Machfud Arifin

Laporan oleh Zumrotul Abidin
Bagikan
Irjen Pol (Purn) Machfud Arifin (baju batik) resmi menjabat Ketua Tim Kampanye Daerah (TKD) Jawa Timur untuk pasangan Joko Widodo-Ma'ruf Amin. Foto: Istimewa

Irjen Pol (Purn) Machfud Arifin resmi menjabat Ketua Tim Kampanye Daerah (TKD) Jawa Timur untuk pasangan Joko Widodo-Ma’ruf Amin. Terpilihnya Machfud ini berdasarkan surat keputusan (SK) yang dikeluarkan oleh TKN dengan Nomor Surat: 016-A/KPTS/TKN-JKWMA/IX/2018.

Nama Machfud diumumkan dalam pertemuan lintas partai yang berlangsung di kantor DPD PDI Perjuangan, Jalan Kendangsari, Surabaya, Rabu (19/9/2018) malam.

“Suatu kehormatan dan suatu amanah yang harus saya pertanggung jawabkan. Ini usulan temen temen partai koalisi dan memberikan amanat saya untuk memenangkan Jokowi-Ma’ruf di Jatim. Bukan hanya menang di Jatim tapi menang di seluruh Indonesia. Kita harus bahu membahu,” ujar Machfud kepada wartawan usai memimpin rapat konsolidasi.

Dalam menjalankan misinya memenangkan Jokowi dua periode, Machfud akan mengajak semua lapisan masyarakat dan tokoh masyarakat termasuk kaum milennial untuk terlibat.

“Tentunya saya berharap dukungan semua pihak para kyai, ulama, habaib, masyarakat dan kaum milenial,” katanya.

Ketika ditanya kenapa mau terjun ke politik untuk menjadi ketua Tim Kampanye, Machfud menjawabnya dengan singkat, alasannya karena suka dengan Jokowi dan kinerjanya sebagai presiden selama ini.

“Saya seneng pak Jokowi saja. Karena kerja nyata. Infrastruktur terus dilanjutkan,” katanya.

Machfud Arifin akan bekerja dibantu Otman Ralibi (Politisi PKB) sebagai Sekretaris TKD Jatim dan Said Abdullah (Politisi PDIP) sebagai Bendahara TKD Jatim.

Adapun dua nama yang sempat muncul dalam bursa ketua, yakni Imam Utomo mantan Gubernur Jatim dan Dahlan Iskan mantan Menteri BUMN, didapuk sebagai dewan penasehat. Nama lain di posisi tersebut ada pengasuh pondok pesantren Amanatul Ummah, Pacet, KH. Asep Saifuddin Chalim, Martono serta beberapa tokoh lainnya.

Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur terpilih, yakni Khofifah Indar Parawansa yang masuk pada Dewan Penasehat dan Emil Elestianto Dardak sebagai Dewan Pengarah.

“Bu Khofifah di Dewan Penasehat dan Mas Emil di dewan pengarah,” kata Machfud menambahkan.

Lalu, hampir seluruh kepala daerah yang diusung partai koalisi Jokowi, didapuk sebagai koordinator wilayah (Korwil). Di Korwil Surabaya misalnya ada nama Tri Rismaharini dan Wisnu Sakti Buana.

Sementara, dari 9 parpol pengusung mendapat posisi di wakil ketua, yakni, Kusnadi (PDI Perjuangan), Freddy Purnomo (Golkar), Musyaffa’ Noer (PPP), Kelana Aprilianto, (Hanura), Rendra Kresna (Nasdem), Shobikin (PSI), Muh. Mirdasy (Perindo) dan Irjen. Pol. (Pur) Hadiatmoko daru (PKPI). (bid/dwi/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Minggu, 19 Mei 2024
31o
Kurs