Jumat, 19 April 2024

Kiai dan Gus Ndresmo Restui Eri Cahyadi Maju Calon Wali Kota Surabaya

Laporan oleh Zumrotul Abidin
Bagikan
Pertemuan kalangan Kiai dan Gus di Dresmo yang merestui Eri Cahyadi apabila maju di Pilwali Surabaya 2020. Foto: Istimewa.

Eri Cahyadi Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Kota (Bappeko) Surabaya, kembali mendapat dukungan dan restu dari para kiai untuk maju sebagai Calon Wali Kota Surabaya.

Keluarga besar kalangan kiai dan gus di kompleks pesantren ”Ndresmo” telah merestui Eri maju sebagai Calon Wali Kota Surabaya. Dalam pertemuan, Minggu (23/8/2020) malam itu, para kiai dan gus yang hadir mayoritas adalah dzurriyah para perintis pesantren di kawasan Sidosermo.

Di antaranya adalah KH Mas Jamal Sulem, Kiai Mas Muqimus Sunnah, Kiai Mas Ali Charozim, Kiai Mas Cholil Yasin, KH Mas Toha, Kiai Mas Nasir, Kiai Mas Muzammil, Kiai Mas Uzair, Mas Bunyamin Faiq, Mas Nanang Masroch, Mas Charisuddin Sakti, Mas Sulton, Mas Izzul, Mas Muchayyin, Mas Faisol, Mas Arwani Amin, Mas Daud Faisal, Mas Fahmi, Mas Mudhoffar, Mas Firdaus.

Hadir pula Kiai Mas Yusuf Muhajir, Kiai Mas Abdullah Muhajir, Kiai Mas Baidlowi, Kiai Mas Masak, Kiai Mas Amak Zubair, Kiai Mas Rofi, Kiai Mas Abd Kodir, Kiai Mas Sidik, Kiai Mas Ahmad, dan Gus Udin.

Kawasan ”Ndresmo” sendiri, atau dikenal sebagai Sidosermo atau Sidoresmo, adalah kawasan pesantren legendaris di Surabaya. Di tempat inilah, sejak ribuan tahun lalu dilakukan dakwah Islam hingga saat ini di tengah kemajuan Kota Pahlawan. Kini, ada sekitar 20 pesantren di kawasan tersebut.

KH Mas Jamal Sulem mengatakan, keluarga Ndresmo memberikan dukungan dan restu kepada Eri Cahyadi untuk bisa dicalonkan menjadi wali kota sebagai bentuk ibadah, karena diharapkan bisa memberi kemaslahatan kepada umat.

“Kita berdoa kepada Allah SWT, mengetuk pintu langit agar mas Eri ditakdirkan menjadi Wali Kota Surabaya,” ujar Gus Jamal, panggilan akrab KH Mas Jamal Sulem dalam rilis yang diterima suarasurabaya.net, Selasa(25/8/2020).

Hal yang sama juga ditegaskan Kiai Mas Fahmi dari Ponpes At-Tauhid. “Majunya mas Eri Cahyadi sebagai Wali Kota Surabaya ini adalah sebuah berkah, karena selain masih muda, mas Eri lah yang mengerti tentang program program baik yang sudah dijalankan bu Risma, sehingga dipilihnya mas Eri Sebagai Wali Kota Surabaya adalah sebuah keberkahan,” tegas Gus Fahmi.

Dukungan juga mengalir dari para kiai dan gus yang bersilaturahim di kediaman KH Imam, Nderesmo Kidul. Pertemuan dihadiri beberapa kiai, di antaranya KH Mas Yusuf, KH Imam, dan belasan kiai serta gus dari kawasan Ndresmo.

”Kami dukung mas Eri Cahyadi maju sebagai Wali Kota Surabaya, karena kami tahu cara kerja mas Eri, apalagi beliau orangnya santun dan mau mendengarkan nasehat nasehat para kiai,” ujar KH Mas Yusuf yang merupakan pengasuh Ponpes an-Najiyah, yang dulunya diasuh pahlawan nasional KH Mas Mansur. (bid/dfn/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 19 April 2024
30o
Kurs