Senin, 1 Maret 2021

Indonesia Berharap Biden Bisa Berkontribusi Selesaikan Konflik di Dunia, Termasuk Palestina-Israel

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Retno Marsudi Retno Marsudi Menlu RI dalam raker dengan Komisi I DPR RI. Foto : TV Parlemen

Retno Marsudi Menteri Luar Negeri RI mengharapkan Amerika Serikat dapat menjadi kontributor untuk menciptakan dunia yang lebih aman, damai dan stabil.

Kata Retno, di bawah kepemimpinan Joe Biden, Amerika Serikat juga bisa berkontribusi menyelesaikan konflik Palestina-Israel secara damai

“Penguatan kontribusi Amerika juga dibutuhkan untuk penyelesaian berbagai konflik secara damai termasuk untuk isu Palestina-Israel,” ujar Retno dalam rapat kerja dengan Komisi I DPR RI di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (26/1/2021).

“Indonesia berharap administrasi baru Amerika Serikat akan berkontribusi bagi penyelesaian konflik Palestina Israel yang berkeadilan berdasar pada resolusi PBB maupun parameter internasional yang disepakati termasuk solusi dua negara,” imbuh Menlu.

Terkait proses perdamaian (peace process) di Afghanistan, kata Retno, Indonesia siap bekerjasama dengan Amerika Serikat mendukung proses perdamaian yang lestari dan inklusif, termasuk mendorong berlanjutnya peran perempuan dalam proses perdamaian dan pembangunan di Afganistan.

Sementara di kawasan Asia Tenggara dan sekitarnya, menurut Menlu Amerika Serikat penting untuk meningkatkan kemitraan strategis dengan ASEAN dan memperkuat ASEAN kawasan ini, termasuk Laut China Selatan akan tetap stabil dan damai jika semua negara menghormati hukum internasional, termasuk Unclos 1982.

“Kemitraan yang kuat juga diharapkan dalam pelaksanaan ASEAN Outlook on the Indo Pacific yang bersifat terbuka dan mengedepankan dialog serta kerjasama,” jelasnya.

Peran Amerika Serikat diharapkan dapat mendorong sistem perdagangan dunia yang terbuka berkeadilan dan saling menguntungkan.

“Juga dalam konteks pemacuan ekonomi hijau dan komitmen pemenuhan agenda pembangunan berkelanjutan 2030 atau sering kita sebut SDG 2030,” pungkas Retno.(faz/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Berlubang dan Berkubang

Kebakaran Rumah di Wonosari Surabaya

Truk Tabrak Warung di Sidoarjo

Truk Terguling di Prigen

Surabaya
Senin, 1 Maret 2021
27o
Kurs