Rabu, 30 November 2022

Peduli Semeru, Partai Demokrat Dirikan Posko dan Terjunkan Relawan

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan

Partai Demokrat mendirikan posko medis dan menyalurkan bantuan logistik di Lumajang untuk membantu korban terdampak awan panas dan guguran Semeru.

Emil Elestianto Dardak Plt Ketua DPD Demokrat Jatim mengatakan, pendirian dapur umum dan penyaluran bantuan sejalan instruksi Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) Ketum Partai Demokrat.

“Sesuai instruksi Ketua Umum Mas AHY, harus senantiasa memberi dukungan konkret untuk masyarakat. Terutama yang terdampak bencana. Ini implementasinya,” katanya, Senin (06/12/2021).

Aksi peduli partai Demokrat ini, kata Emil, dikoordinir langsung oleh Reno Zulkarnaen Ketua Fraksi partai Demokrat DPRD Jatim sekaligus Plt Ketua DPC Demokrat Lumajang.

Emil berharap, situasi di Lumajang segera membaik. “Tentu kami berharap situasi segera stabil, karena masih ada potensi susulan awan guguran panas atau lahar,” kata Wakil Gubernur Jatim itu.

Reno Zulkarnaen Plt Ketua DPC Demokrat Lumajang menyampaikan, sejak terjadinya APG Semeru Sabtu (4/12/2021) lalu, pihaknya langsung berkoordinasi dengan seluruh kader di sekitar lokasi.

Dia meminta seluruh kader yang ada di lokasi-lokasi terdampak APG untuk segera melakukan pertolongan kepada masyarakat terdampak.

“Sejak malam hari kami sudah koordinasi dengan seluruh elemen kader Demokrat di dua lokasi. Candipuro dan Prunojiwo. PAC dan ranting sudah bergerak menyalurkan bantuan,” kata Reno.

Dia juga mengungkapkan, partai Demokrat juga sudah mendirikan posko bagi warga terdampak, menyediakan berbagai kebutuhan warga, mulai dari makanan hingga tenaga kesehatan.

“Hari ini kami sudah punya posko di desa Sumber Mujur. Itu bisa dipakai untuk pengungsi juga menyediakan tenaga medis, ada makanan dan lain-lain. Terbuka untuk warga terdampak,” jelas Reno.

Selain itu, lanjut Reno, partai Demokrat juga sudah menerjunkan ratusan relawan yang menyebar ke berbagai titik. Mereka akan menyisir rumah-rumah yang penghuninya tidak ikut mmengungsi.

“Banyak bantuan datang, DPP support, DPD support. Dari kemarin kami sudah door to door ke titik pengungsi, rumah-rumah yang memang tidak ikut ke posko besar,” jelasnya.

Reno juga menegaskan komitmennya terus mambantu sekaligus meringankan warga terdampak APG Semeru hingga semua kembali kondusif sebagai wujud kepedulian Partai Demokrat.

“Demokrat akan terus ada di Lumajang, Demokrat akan terus membantu masyarakat Lumajang. Kami juga berdoa semoga bencana ini segera berakhir,” kata Reno.(den)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Menerjang Kemacetan di Jembatan Branjangan

Atap Teras Pendopo Gresik Roboh

Bus Terbakar di Gate Tol Menanggal arah Juanda

Ratusan Rumah Hancur Akibat Puting Beliung

Surabaya
Rabu, 30 November 2022
24o
Kurs