Sabtu, 20 April 2024

Pegiat Lingkungan Dorong Kader PDIP se-Indonesia Buat Daur Ulang Sampah

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Swietenia Puspa Lestari Pegiat Lingkungan. Foto : youtube

Swietenia Puspa Lestari Pegiat Lingkungan berharap misi mulia yang dilakukan PDI Perjuangan (PDIP) dapat diikuti oleh partai lain. Gerakan cinta lingkungan yang diinisiasi PDIP yakni mencanangkan ‘Cinta Ciliwung Bersih’ merupakan kebijakan yang konkret menyelamatkan keberadaan sungai paling vital itu bagi keberlangsungan hidup manusia.

Hal itu dikatakan perempuan yang akrab disapa Tenia saat hadir pada dialog atau talkshow dengan tema Politik Hijau yang diselenggarakan DPP PDI Perjuangan secara virtual.

“Tentunya saya sangat senang, dan terima kasih sudah dihadirkan diajak berbicara di sini. Sekali lagi saya merasa, ini merupakan langkah yang baik bisa dicontoh dengan partai-partai lain,” kata Tenia, Sabtu (20/2/2021).

Tenia yang fokus pada masalah sampah, sebetulnya berharap peran masyarakat yang benar- benar nyata demi menjaga lingkungan. Punya hobi menyelam, awal terjun menjadi aktivis lingkungan, ia mendapati, banyak sampah ternyata dibuang masyarakat ke laut. Ini terjadi karena ketidaktahuan dan minimnya informasi.

Lewat organsisasi Divers Clean Action, lembaga yang didirikannya, pendampingan dan pelatihan hingga kampanye intens diberikan supaya masyarakat bisa memilah sendiri sampah rumah, sebelum dibuang ke tempat pembuangan akhir atau TPA.

Ia juga memuji, langkah kantor pusat PDIP yang meniadakan sampah plastik sekali pakai, seperti kemasan botol air mineral dan menyiapkan tempat isi ulang air minum.

“Mungkin bisa step up yaitu memilah sampah dari rumahnya masing- masing, kantornya masing, sehingga sampahnya bisa dimanfaatkan dan diaur ulang lebih banyak,” kata Tenia yang beberapa waktu lalu masuk dalam daftar 100 perempuan inspiratif versi BBC.

Di kesempatan yang sama, Tommy Tjiptadjaja CEO Greenhope mengatakan bahwa persoalan lingkungan saat ini bukan hanya pekerjaan rumah yang ditanggung pemerintah semata.

Soal lingkungan, kata dia, terbukti bukan hanya sekadar membangun kesadaran masyarakat. Justru lewat Greenhope, ia bisa membuktikan, sektor lingkungan mampu berkembang jadi unit usaha menguntungkan.

“Sebenarnya kalau kita bicara lingkungan, kita kan bicara rumah tinggal kita. Kita bicara diri kita, anak cucu kita. Sebenarnya orang-orang harus melihat diri kita, harus mau menjaga lingkungan. Harus mau membuat gimana lingkungan kita lebih baik lagi,” kata Tommy.(faz/tin)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 20 April 2024
27o
Kurs