Rabu, 6 Juli 2022

24 Tahun Lengsernya Orde Baru, Ketua DPR Ingatkan Generasi Muda Menjaga Semangat Reformasi

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Puan Maharani Ketua DPR. Foto: Istimewa

Hari ini, Sabtu (21/5/2022), bertepatan 24 tahun peristiwa reformasi, yang ditandai dengan gerakan mahasiswa bersama berbagai elemen masyarakat dari seluruh Tanah Air, dan mundurnya Soeharto sebagai Presiden RI.

Puan Maharani Ketua DPR RI menilai, reformasi bagian penting sejarah Bangsa Indonesia sekaligus kariernya di dunia politik.

“Kemenangan reformasi membawa perubahan untuk mewujudkan cita-cita bangsa yang merdeka sesuai harapan Bung Karno, yang akhirnya membuat bangsa ini lebih maju dari sebelumnya,” ujarnya di Jakarta, Sabtu (21/5/2022).

24 tahun sesudah momen bersejarah itu, Puan memberikan pesan khusus kepada generasi muda untuk terus menjaga semangat reformasi.

“Sebagai generasi muda calon pemimpin masa depan, sudah seharusnya menjaga semangat dan mewujudkan cita-cita reformasi,” katanya.

Politikus PDI Perjuangan itu mengakui sekarang masih ada sejumlah persoalan yang mengancam terwujudnya cita-cita reformasi, mulai dari disintegrasi, korupsi, hingga kesenjangan sosial ekonomi.

“Sudah menjadi tugas kita bersama untuk menjaga api reformasi tetap menyala,” tegasnya.

Lebih lanjut, Puan mengenang peristiwa reformasi. Di usia 20an tahun dan baru lulus kuliah, putri dari Megawati Soekarnoputri itu ikut ambil bagian dengan memasak makanan untuk mahasiswa, di rumahnya.

“Waktu reformasi saya mengurusi dapur umum di rumah saya di daerah Kebagusan, Jakarta Selatan. Setiap hari banyak orang turun ke jalan dan berkumpul di sekitar rumah. Karena banyaknya orang, saya sampai tidak bisa keluar,” kata dia.(rid/faz)

Berita Terkait

Surabaya
Rabu, 6 Juli 2022
27o
Kurs