Sabtu, 27 April 2024

Azwar Anas Resmi Menjabat Menteri PAN RB

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Azwar Anas. Foto: Antara

Joko Widodo Presiden, siang hari ini, Rabu (7/9/2022), melantik Abdullah Azwar Anas politikus PDI Perjuangan sebagai Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi (PAN RB) untuk sisa masa jabatan 2019-2024.

Azwar Anas menggantikan Tjahjo Kumolo yang meninggal dunia karena sakit, tanggal 1 Juli 2022.

Pelantikan berlangsung di Istana Negara, Jakarta, mulai pukul 13.30 WIB, dengan menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Prosesi pengucapan sumpah jabatan berlangsung khidmat. Azwar Anas mengikuti kata demi kata sumpah jabatan yang dipandu Presiden.

“Bersediakah saudara untuk diambil sumpah menurut agama Islam?,” tanya Presiden.

“Bersedia,” jawab Azwar Anas.

“Demi Allah saya bersumpah bahwa saya akan setia kepada Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan undang-undang dengan selurus-lurusnya. Dharma bakti saya kepada bangsa dan negara. Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung etika jabatan berkerja dengan sebaik-baiknya dengan penuh rasa tanggung jawab,” ucapnya.

Sebelum diangkat jadi menteri, Abdullah Azwar Anas bertugas sebagai Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) mulai 13 Januari 2022.

Dia tercatat pernah menjadi anggota MPR RI Utusan Golongan tahun 1997, dan anggota DPR RI periode 2004-2009 dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Karier politik Azwar Anas makin menanjak waktu menjadi Bupati Banyuwangi dua periode (2010-2015) dan periode (2016-2021).

Selaku bupati, Azwar Anas berhasil meningkatkan sektor pariwisata di Kabupaten Banyuwangi, antara lain dengan menyelenggarakan Tour de Ijen, Banyuwangi Festival, Banyuwangi Ethno Carnival, dan Banyuwangi Jazz Festival.

Di bawah kepemimpinannya, Banyuwangi meraih penghargaan “Innovation Goverment Award” sebagai Kabupaten Terinovatif di Indonesia tahun 2018.(rid/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 27 April 2024
31o
Kurs