Selasa, 29 November 2022

Golkar PAN dan PPP Membentuk Koalisi Indonesia Bersatu untuk Pemilu 2024

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Ace Hasan Syadzily Ketua DPP Partai Golkar. Foto: Istimewa

Tubagus Ace Hasan Syadzily Ketua DPP Partai Golkar mengatakan, partainya bersama Partai Amanat Nasional (PAN), dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) sepakat menjalin kerja sama untuk Pemilu 2024.

Kesepakatan kerja sama yang bernama Koalisi Indonesia Bersatu, tercapai dalam pertemuan tiga ketua umum partai politik tersebut, di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (12/5/2022).

“Dengan visi partai dan berbagai pengalaman politik, semuanya bersepakat untuk menyatukan diri membangun koalisi yang disebut Koalisi Indonesia Bersatu,” ujarnya melalui pesan tertulis, Jumat (13/5/2022).

Menurut Ace, kata ‘Bersatu’ yang menjadi nama koalisi merupakan gabungan dari simbol ketiga partai, yaitu Beringin (Golkar), Surya (PAN), dan Baitullah (PPP).

Koalisi Indonesia Bersatu, lanjut Ace, bersifat inklusif. Artinya, koalisi itu masih sangat terbuka untuk bekerja sama dengan partai politik lainnya.

Walau Pemilu 2024 masih dua tahun lagi, politisi Golkar itu bilang komitmen kerja sama tiga parpol merupakan bentuk keseriusan membangun gagasan dan ide bersama untuk melanjutkan pembangunan demi mewujudkan kesejahteraan rakyat.

Lebih lanjut, Koalisi Indonesia Bersatu sepakat Pemilu 2024 tidak boleh terjadi lagi politik identitas yang mengakibatkan pembelahan sosial serta polarisasi masyarakat.

“Pemilu harus menjadi ajang adu ide, gagasan, rekam jejak, dan prestasi demi menjadikan Indonesia lebih makmur, kaya, dan maju di masa depan. Persaingan harus berlangsung secara sehat, dan selesai begitu pemilu berakhir,” katanya.

Sekadar informasi, kemarin, Kamis (12/5/2022), Airlangga Hartarto Ketua Umum Partai Golkar, Zulkifli Hasan Ketum PAN, dan Suharso Monoarfa Ketum PPP mengadakan pertemuan politik. Dalam pertemuan itu, mereka membahas rencana kerja sama untuk mengusung pasangan calon pemimpin pada Pilpres 2024.(rid)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Menerjang Kemacetan di Jembatan Branjangan

Atap Teras Pendopo Gresik Roboh

Bus Terbakar di Gate Tol Menanggal arah Juanda

Ratusan Rumah Hancur Akibat Puting Beliung

Surabaya
Selasa, 29 November 2022
26o
Kurs