Senin, 26 Februari 2024

Komisi II DPR Tetapkan Lima Calon Anggota Bawaslu RI

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Logo Bawaslu.

Setelah melewati Uji Kelayakan dan Kepatutan (Fit and Proper Test) Komisi II DPR RI akhirnya menetapkan lima calon anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI. Lima calon anggota Bawaslu ini akan bertugas pada masa jabatan 2022-2027.

Ahmad Doli Kurnia Tandjung Ketua Komisi II DPR RI menjelaskan, berdasarkan peringkat, lima nama tersebut Lolly Suhenty, Puadi, Rahmad Bagja, Totok Hariyono, dan Herwyn Jefler Hielsa Malonda.

Selanjutnya, kata Doli, lima calon anggota Bawaslu ini akan dilantik oleh Joko Widodo (Jokowi) Presiden.

“Urutan satu sampai lima yang akan dilantik oleh Presiden,” ujar Doli di gedung Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis dini hari (17/2/2022).

Sementara untuk peringkat selanjutnya atau keenam sampai sepuluh, masing-masing Subair, Fritz Edward Siregar, Aditya Perdana, Mardiana Rusli, dan Andi Tenri Sompa.

Doli menjelaskan, penetapan lima calon anggota Bawaslu itu dengan berbagai pertimbangan di antaranya objektivitas, kualitas, kapasitas kepemiluan, kepemimpinan, membangun komunikasi yang baik, inovasi dan kreativitas hingga aspek kesehatan fisik dan mental.

Sekadar diketahui, Komisi II DPR RI sebelumnya juga menyelesaikan tahapan uji kelayakan dan kepatutan untuk 14 calon anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI 2022-2027.

Sementara untuk pelaksaan uji kelayakan dan kepatutannya sendiri dilakukan sejak 14-16 Februari 2022. Setiap calon anggota diberi kesempatan maksimal satu jam untuk untuk memberikan paparan visi-misi yang selanjutnya ada pendalaman oleh anggota Komisi II DPR RI.(faz/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Truk Trailer Mogok, Jembatan Branjangan Macet Total

Kecelakaan Truk Box dan Motor di Sukorejo Pasuruan

Tetap Nyoblos Meski TPSnya Banjir

Bus Tabrak Tiang Listrik di Sukodadi Lamongan

Surabaya
Senin, 26 Februari 2024
26o
Kurs