Kamis, 25 April 2024

Menag dan Bawaslu Akan Kolaborasi Cegah Politisasi SARA

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Yaqut Cholil Qoumas Menteri Agama (dua kiri) menerima kunjungan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI di kantornya, Jumat (16/12/2022). Foto: kemenag.go.id

Rahmat Bagja Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), Jumat (16/12/2022) kemarin, bertemu dengan Yaqut Cholil Qoumas Menteri Agama (Menag) mendiskusikan upaya pencegahan praktik politik identitas jelang tahun politik.

“Memang kita perlu kesepakatan bersama menangani politisasi identitas, atau politisasi SARA. Ini yang Bawaslu coba dalam beberapa pertemuan untuk mendiskusikan hal ini,” ucap Rahmat Bagja dalam keterangannya dikutip kemenag.go.id, Sabtu (17/12/2022).

Yaqut Menag pun mengapresiasi upaya Bawaslu untuk menangani politisasi identitas atau politisasi SARA tersebut.

“Saya turut senang jika banyak pihak yang terlibat menangani persoalaan yang substantif ini. Terus terang, pekerjaan ini tidak mudah. Menjaga republik ini tidaklah mudah, harus banyak yang terlibat,” ujar Gus Men sapaan akrab Yaqut.

Diskusi berlangsung selama sekitar 30 menit itu, dibahas juga tentang larangan kampanye di tempat ibadah dan tempat pendidikan.

Aturan itu, sebagaimana tertuang dalam Pasal 280 huruf h Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu.

Sekedar diketahui, Pemilihan Umum (Pemilu) akan dilaksanakan pada tahun 2024 mendatang. Meski demikian, beberapa tahapan seperti kampanye akan mulai terlaksana sejak tahun 2023. (bil/ISS)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 25 April 2024
26o
Kurs