Sabtu, 27 April 2024

Ridwan Kamil Mau Keliling Jatim, Pengamat: Kandidat yang Patut Diperhitungkan

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
M Ridwan Kamil Gubernur Jawa Barat. Foto: Istimewa

Ridwan Kamil Gubernur Jawa Barat berencana berkunjung ke berbagai daerah di Jawa Timur mendapat atensi dari berbagai pihak.

Surokim Abdussalam Akademisi Universitas Trunojoyo Madura (UTM) menilai sosok Ridwan Kamil adalah kandidat yang patut diperhitungkan.

Menurutnya, Kang Emil punya modal kuat untuk menjadi calon presiden (capres) pada konstelasi politik 2024.

Surokim mengatakan posisi atau jabatan Ridwan Kamil sebagai Gubernur Jawa Barat pun sangat strategis.

Provinsi itu punya jumlah pemilih terbesar di Indonesia. Artinya, Ridwan Kamil memiliki kans besar untuk maju sebagai calon presiden pada 2024 mendatang.

“Kunjungan kerja ke Jawa Timur, juga bisa mempengaruhi posisinya saat ini,” ujarnya.

Sejumlah lembaga survei merilis posisi Ridwan Kamil belum sebaik sejumlah nama yang sudah bermunculan. Namun, Surokim memastikan kondisi ke depan bisa berbalik.

“Beberapa nama yang muncul itu sudah melakukan sosialisasi melalui berbagai cara. Nah, Ridwan Kamil belum segencar mereka,” ujarnya.

Selama ini, Ridwan Kamil dikenal para kaum millennial yang aktif di media sosial. Aktivitas dan cuitan Ridwan Kami kerap menarik perhatian para pemilih pemula.

“Kehadirannya langsung ke masyarakat akan memberi kesan berbeda. Sosoknya menjadi lebih dikenal,” ungkapnya.

Surokim memprediksi, dukungan bisa bermunculan. Masyarakat merasa dihargai sehingga berpengaruh besar pada elektabilitasnya sebagai calon presiden.

Langkah kunjungan Kang Emil ke sejumlah daerah di Jatim kali ini, menurut Surokim sangat tepat. Sebab, masa sekarang adalah masa meraih simpati sebanyak-banyaknya.

“Ridwan Kamil bisa memperoleh itu saat berkunjug di Jawa Timur,” kata Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya (FISIB) Universitas Trunojoyo Madura itu.

Menurut rencana, lelaki yang juga akrab disapa Kang Emil itu akan mengunjungi lima daerah di Jawa Timur dalam waktu dekat ini.

Antara lain Kota Surabaya, Kabupaten Jombang, Kabupaten Bangkalan, Kota Kediri, dan Kabupaten Kediri. Ada rangkaian kegiatan di masing-masing daerah itu.

Surokim menegaskan, semua kandidat masih punya peluang. Dukungan politik masih sangat dinamis. Masing-masing harus menyiapkan strategi yang tepat untuk meraih simpati masyarakat.(den)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 27 April 2024
30o
Kurs