Jumat, 12 April 2024

Jelang Debat Perdana Capres-Cawapres, Akses Menuju Kantor KPU RI Dibatasi

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Suasana Kantor KPU RI menjelang Debat Perdana Capres 2024, Selasa (12/12/2023). Foto: Farid suarasurabaya.net Suasana Kantor KPU RI menjelang Debat Perdana Capres 2024, Selasa (12/12/2023). Foto: Farid suarasurabaya.net

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, hari ini, Selasa (12/12/2023), menggelar debat perdana pasangan calon presiden (capres) yang akan berkontestasi pada Pilpres 2024.

Rencananya, debat dimulai pukul 19.00 WIB, bertempat di Kantor KPU, kawasan Menteng, Jakarta Pusat.

Pantauan suarasurabaya.net di lokasi acara, sekitar dua jam sebelum acara mulai, ratusan personel Polri dan TNI sudah melakukan penjagaan. Sejumlah kendaraan taktis juga diparkir di jalanan menuju Kantor KPU.

Terkait pengamanan, Kombes Pol Susatyo Purnomo Condro Kapolres Metro Jakarta Pusat mengatakan, jumlah personel gabungan yang siaga di lokasi debat perdana capres sebanyak 2.120 personel, gabungan dari TNI, Polri, dan instansi terkait.

Berbeda dengan momen pendaftaran bakal capres-cawapres dua bulan lalu, kali ini tidak ada massa pendukung dari parpol atau relawan yang berkumpul di depan Kantor KPU.

Pihak KPU memang membatasi jumlah massa pendukung setiap pasangan capres dan cawapres yang bisa hadir di lokasi debat Pilpres 2024 sebanyak 75 orang.

Selain itu, wartawan yang bisa masuk ke halaman Kantor KPU juga terbatas, dan tidak bisa mengakses langsung ke arena debat.

Suasana Kantor KPU RI menjelang Debat Perdana Capres 2024, Selasa (12/12/2023). Foto: Farid suarasurabaya.net
Suasana Kantor KPU RI menjelang Debat Perdana Capres 2024, Selasa (12/12/2023). Foto: Farid suarasurabaya.net

Mengenai teknis debat, Hasyim Asya’ari Ketua KPU RI menjelaskan debat akan memberikan lebih banyak kesempatan para kandidat berinteraksi.

Tim Panelis yang terdiri dari 11 orang akademisi, praktisi hukum dan HAM sudah menyusun 18 pertanyaan.

Pertanyaan itu dibagi dalam enam sesi. Artinya, setiap sesi berjumlah tiga pertanyaan yang perlu dijawab atau dijabarkan capres, dan capres lainnya berkesempatan memberikan tanggapan.

Sebelum masuk ke sesi pertanyaan, masing-masing capres yang hadir bersama cawaparesnya bisa menyampaikan visi misi, serta program kerjanya sesuai tema.

Seperti diketahui, KPU RI menjadwalkan lima kali debat, tiga kali debat capres, dan dua kali debat cawapres.

Debat capres-cawapres diadakan supaya publik mengetahui visi, misi, kualitas dan kapabilitas ketiga pasang calon pemimpin yang akan dipilih dan menjabat periode 2024-2029.

Tema debat pertama capres yaitu tentang pemerintahan, hukum, hak asasi manusia (HAM), pemberantasan korupsi, penguatan demokrasi, peningkatan layanan publik, dan kerukunan warga.(rid/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 12 April 2024
26o
Kurs