Senin, 29 April 2024

Komisi III DPR Minta BNPT Klarifikasi Usulan Mengontrol Semua Tempat Ibadah

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Aboebakar Alhabsyi anggota Komisi III atau Komisi hukum DPR RI. Foto: dpr.go.id

Aboe Bakar Alhabsy Anggota Komisi III DPR RI menolak usulan Badan Nasional Penanggulangan Teroris (BNPT) supaya pemerintah mengontrol semua tempat ibadah di Indonesia.

BNPT menilai upaya itu penting untuk dilakukan supaya tempat ibadah tidak menjadi sarang radikalisme.

Menurut Habib Aboe, usulan BNPT agar pemerintah mengontrol semua tempat ibadah di Tanah Air adalah pemikiran sesat.

“Apalagi jika usulan itu dengan tujuan agar tempat ibadah tidak menjadi sarang radikalisme. Ini seolah menuduh bahwa tempat ibadah adalah sarang terorisme. Pasti ini akan menyinggung kalangan umat beragama,” ujarnya di Jakarta, Kamis (7/9/2023).

Legislator dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) itu menambahkan, kalau ada oknum yang terlibat terorisme, pemerintah tidak boleh menggeneralisir.

“Misalkan saja kemarin ada tiga anggota polisi, satu dari Polda Metro Jaya dan dua polisi dari polda lainnya ditangkap lantaran diduga terlibat jaringan teroris di Bekasi. Apakah kemudian BNPT akan mengawasi semua kantor Polisi yang ada di Indonesia?” katanya.

Lebih lanjut, Habib Aboe bilang kalau pemikiran pakai pukul rata, logika kita akan rusak. Oleh karena itu, persoalan terorisme harus dikelola secara proporsional dan profesional.

“Saya berharap BNPT segera mengklarifikasi atau meluruskan usulan tersebut. Jangan sampai itu membuat kegaduhan publik,” tutupnya.(rid)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
30o
Kurs