Senin, 20 Mei 2024

Pendaftaran Anies-Muhaimin ke KPU Berkonsep Festival Rakyat

Laporan oleh Iping Supingah
Bagikan
Sudirman Said Juru Bicara Anies Baswedan, saat menyampaikan keterangan pers di Rumah Koalisi Perubahan, Jakarta, Rabu (18/10/2023). Foto: Antara

Sudirman Said Juru Bicara Anies Baswedan, mengatakan prosesi pendaftaran bakal pasangan capres dan cawapres, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, ke Kantor KPU RI di Jakarta, Kamis (19/10/2023), mengusung konsep festival atau pesta rakyat.

“Besok ini (Kamis), suasananya adalah suasana festival, suasana pesta rakyat. Jadi, ada Reog Ponorogo, ada tanjidor, ada komunitas Tionghoa yang menyumbangkan barongsai, dan beberapa kesenian daerah,” kata Sudirman Said di Rumah Koalisi Perubahan, Jakarta, Rabu (18/10/2023), seperti dilansir Antara.

Selain hiburan kesenian rakyat tersebut, Sudirman menyebut akan ada sejumlah relawan yang mengawal prosesi pendaftaran Anies-Muhaimin dengan mengenakan pakaian adat dari berbagai daerah.

Sejumlah persiapan lainnya, lanjut Sudirman, juga telah dilakukan baik dari relawan yang datang langsung ke Jakarta maupun di seluruh penjuru Tanah Air, dengan mendoakan kesuksesan serta kelancaran bagi Anies-Muhaimin.

Suasana pengawalan pendaftaran bakal capres-cawapres tersebut juga akan terasa sangat religius. Persiapan dilakukan dengan sangat serius sejak Rabu sore, di samping persiapan teknis administratif.

“Suasananya sangat religius karena kami menyadari mengurus kekuasaan adalah amanah besar, amanah yang sangat penting; karena yang kami kerjakan tidak saja mengetuk pintu-pintu masyarakat, tapi juga mengetuk langit dengan doa,” katanya.

Selain Koalisi Perubahan, koalisi partai bakal pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD juga dijadwalkan mendaftar sebagai calon peserta Pilpres 2024 di Kantor KPU RI, Jakarta, Kamis (19/10/2023).

Menyikapi hal itu, Hasanuddin Wahid Sekretaris Jenderal Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) mengatakan bahwa relawan Anies-Muhaimin akan mengawal pendaftaran bakal pasangan calon itu dengan damai dan tidak membuat keributan dengan pendukung kubu lain.

“Tapi, kami mohon izin kalau jam 08.00 pagi, pasangan Anies dan Muhaimin dulu yang melakukan pendaftaran di KPU,” kata Hasanuddin.

Menurut dia, para pengurus, kader, maupun relawan Koalisi Perubahan yang hadir langsung mengawal Anies-Muhaimin sudah mendapat bekal prinsip Bhinneka Tunggal Ika.

“Besok (Kamis), semuanya harus menunjukkan bahwa wajah kebaikan itu adalah wajah perubahan, wajah kebersamaan itu adalah wajah perubahan, dan wajah persaudaraan itu adalah wajah perubahan,” ujarnya.

Sebelumnya, Sudirman Said menyebut sebanyak 20.000 relawan akan mengawal proses pendaftaran bakal calon presiden dan wakil presiden dari Koalisi Perubahan, Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar ke KPU RI.

“Kita minta izin untuk 20.000 orang, termasuk massa dari partai, tapi kita tidak tahu karena masing-masing simpul (relawan) kelihatannya ingin membawa sebanyak mungkin anggotanya atau komunitasnya,” kata Sudirman Said ditemui di kawasan Jakarta Selatan, Selasa (17/10/2023).(ant/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Senin, 20 Mei 2024
26o
Kurs