Senin, 29 April 2024

Prabowo Apresiasi Peran Perempuan dalam Politik dan Pemerintahan

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka pasangan capres-cawapres nomor urut 2 menghadiri acara peringatan ulang tahun ke-13 acara Mata Najwa, Minggu (19/11/2023), di TIM, Jakarta Pusat. Foto: istimewa

Prabowo Subianto calon presiden yang diusung Koalisi Indonesia Maju yakin, Indonesia memiliki banyak perempuan hebat dan brilian yang mampu berkiprah di tingkat nasional.

Pernyataan optimistis itu disampaikan Prabowo, Minggu (19/11/2023), di Jakarta, merespons pertanyaan Najwa Shihab, dalam acara perayaan 13 Tahun Mata Najwa.

Pada acara tersebut, Najwa secara spesifik meminta pendapat Prabowo mengenai politik Indonesia yang sekarang didominasi pria, serta sejauh mana peran kaum perempuan.

Prabowo menjawab, Indonesia sudah memiliki sejumlah sosok perempuan andal dan hebat di Kabinet Indonesia Maju, di antaranya Retno Marsudi Menteri Luar Negeri, serta Sri Mulyani Indrawati Menteri Keuangan.

“Kita tahu sekarang, sebenarnya peran perempuan sudah cukup menonjol di kabinet. Posisi-posisi kunci di tangan perempuan, Menteri Luar Negeri dan Menteri Keuangan,” ujarnya.

Sebagai Menteri Pertahanan, Prabowo sering berinteraksi dan berkomunikasi dengan Menteri Luar Negeri dan Menteri Keuangan.

Ketua Umum Partai Gerindra itu bahkan memuji Retno Marsudi sebagai salah seorang Menteri Luar Negeri terhebat yang pernah dimiliki Indonesia.

“Menteri Luar Negeri, karena saya sering berdampingan sama Ibu Retno. Saya kira salah salah seorang Menlu terhebat dalam sejarah Bangsa Indonesia, dan perempuan. Bahkan, Menlu RI dijuluki sebagai the iron lady yang kadang-kadang lebih galak dari Menteri Pertahanan,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Prabowo juga menyorot peran perempuan yang begitu menonjol di tingkat pemerintah provinsi/daerah, di kancah politik, dan dunia pendidikan.

Di tingkat provinsi, Prabowo menyebut Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jawa Timur sebagai sosok Gubernur perempuan yang hebat.

“Kita melihat Gubernur kita yang hebat-hebat adalah perempuan. Ibu Khofifah sebagai contoh. Di partai politik saya juga beberapa wakil ketua umum dari kalangan perempuan. Mereka sangat berperan. Di dunia akademis, di universitas-universitas saat ini sudah banyak sekali perempuan yang hebat-hebat, menonjol, dan brilian. Jadi, saya kira beberapa saat lagi pasti mereka akan muncul di tingkat nasional,” pungkas Prabowo.(rid/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
29o
Kurs