Jumat, 23 Februari 2024

Rapat Konsolidasi Nasional TPD Ganjar-Mahfud: Hasto Ungkap Pesan Guntur Soekarnoputra Soal Tohpati

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Hasto Kristiyanto Sekjen DPP PDIP di sela rapat konsoldiasi Tim Pemenangan Ganjar-Mahfud di Jakarta, Sabtu (18/11/2023). Foto : Faiz Fadjarudin suarasurabaya.net

Hasto Kristiyanto Sekretaris Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud menyebut pihaknya enggan menjual nama besar tokoh sebagai upaya memenangkan Ganjar Pranowo dan Mahfud MD capres-cawapres nomor urut 3.

Dia mengatakan itu saat ditanya awak media soal nama-nama besar yang masuk barisan TPN Ganjar-Mahfud untuk kampanye Pilpres 2024.

Sebelumnya, Tim Kampanye Nasional Prabowo-Gibran mengungkapkan nama Ridwan Kamil dan Airin Rachmi Diany masuk barisan capres-cawapres nomor urut 2 itu pada Pilpres 2024.

Hasto mengatakan, TPN Ganjar-Mahfud di tingkat pusat dan daerah, pada intinya diisi oleh figur yang punya kedekatan dengan rakyat serta bukan perwakilan penguasa.

“Dari TPN baik di tingkat pusat maupun di tingkat provinsi dan kabupaten atau kota intinya mereka yang masuk dalam jajaran tim adalah mereka yang punya militansi yang tinggi, mereka yang punya akar kuat di grassroot sehingga ketokohan itu kedekatan dengan rakyat, bukan karena kedekatan dengan kekuasaan,” kata Sekjen PDI Perjuangan itu.

“Ini yang membedakan sehingga ciri khas dari TPN Ganjar-Mahfud itu pada gerakan rakyat itu, gerakan yang dilandasi oleh keyakinan nurani, gerakan yang dilandasi oleh spirit demokrasi, gerakan yang dilandasi untuk menjadikan kekuasaan sebagai milik rakyat bukan milik elite,” kata Hasto.

Hasto menyatakan hal itu di sela rapat konsoldiasi Tim Pemenangan Ganjar-Mahfud di Jakarta, Sabtu (18/11/2023). Di acara tersebut, hadir seluruh Tim Pemenangan Daerah (TPD) Ganjar-Mahfud dari 38 provinsi.

Hasto bahkan enggan menyebut nama-nama yang mengisi pos Tim Pemenangan Daerah (TPD) Ganjar-Mahfud meski awak media terus bertanya soal figur.

Dia hanya malah mengingatkan tentang arahan Arsjad Rasjid Ketua TPN Ganjar-Mahfud, soal penggunaan hati nurani memenangkan capres-cawapres dari PDI Perjuangan, PPP, Perindo, dan Hanura itu.

“Nama-namanya mereka memang yang punya akar kuat di dalam kepemimpinan di bawah dan merupakan gabungan dari partai politik dan sukarelawan. Jadi, Pak Arsjad tadi dalam pengarahannya, kita mengedepankan kombinasi antara kekuatan nurani, kekuatan Indonesia dan kekuatan banteng, kerakyatan,” kata Hasto.

Selain arahan Arsjad, dia bahkan menyinggung soal pesan dari Guntur Soekarnoputra putra Soekarno atau Bung Karno Proklamator RI, saat ditanya awak media nama-nama dari TPN Ganjar-Mahfud.

“Mas Guntur Soekarnoputra telah memberikan suatu spirit ketika perjuangan itu dilandaskan pada keyakinan seluruh anggota dan kader PDI Perjuangan, semangatnya adalah semangat banteng ketaton, semangat tohpati atau rela berkorban nyawa,” ujar pria kelahiran Yogyakarta itu.

Hasto mengatakan TPN Ganjar-Mahfud tidak merasa khawatir dengan nama yang diungkapkan pihak TKN Prabowo-Gibran menyambut kampanye Pilpres 2024 RI.

“Kami bergerak atas keyakinan, kami bergerak atas pengalaman, maka pemimpin dari Pak Ganjar-Prof Mahfud punya rekam jejak yang sangat jelas, berdiri kokoh di atas moralitas, di atas prinsip demokrasi untuk kedaulatan rakyat. Ini yang menjadikan kami punya gerakan,” kata dia.(faz/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Truk Trailer Mogok, Jembatan Branjangan Macet Total

Kecelakaan Truk Box dan Motor di Sukorejo Pasuruan

Tetap Nyoblos Meski TPSnya Banjir

Bus Tabrak Tiang Listrik di Sukodadi Lamongan

Surabaya
Jumat, 23 Februari 2024
31o
Kurs