Senin, 20 Mei 2024

Survei Litbang Kompas, Elektoral Ganjar Rebound

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Ganjar Pranowo bakal Capres PDIP. Foto : Faiz Fadjarudin suarasurabaya.net

Hasto Kristiyanto Sekjen DPP PDI Perjuangan menegaskan, partainya menanggapi positif dan semakin optimis terhadap gerak bangkit kembali (rebound) elektoral Ganjar Pranowo.

“Dalam survey Kompas, simulasi 5 bacapres menunjukkan Ganjar Pranowo 31.8%, Prabowo 27.8 % dan Anies 15.6%. Selisih keunggulan Ganjar 4% lebih tinggi dari Prabowo,” ujar Hasto dalam keterangannya, Senin (21/8/2023).

Kata Hasto, ini menunjukkan daya terima rakyat yang begitu besar terhadap Ganjar Pranowo seiring dengan tingkat dikenal yang makin luas.

Menurut Hasto, dalam kajian internal melalui FGD, rakyat sudah melihat adanya perbedaan karakter antara Ganjar Pranowo dan bacapres lainnya.

“Doktrin penggalangan ‘Ganjar untuk Semua’ dan pentingnya kesinambungan dengan Jokowi Presiden, Gerak Cepat Indonesia Maju semakin dikenal. Disisi lain, keberhasilan mengentaskan 1 juta orang miskin di Jateng, program beli tanah dapat rumah, serta karakter kepemimpinan Ganjar yang merakyat, gemar blusukan dan tinggal di rumah warga menjadi strong points kepemimpinan Ganjar,” jelasnya.

Jadi, kata dia, Ganjar dikenal dengan komitmennya yang pro kesejahteraraan rakyat. Karena itulah, Ganjar dipersepsikan paling kuat sebagai sosok yang melanjutkan kepemimpinan Jokowi.

Dengan kenaikan elektoral Ganjar Pranowo tersebut, lanjut Hasto, kerja sama antara PDI Perjuangan, PPP, Perindo, dan Hanura bersama dengan seluruh elemen relawan akan semakin ditingkatkan.

“Apa yang sudah dilakukan oleh anggota dan kader PDI Perjuangan dengan seluruh kepala daerah dan anggota legislatif dengan menempel stiker Ganjar Pranowo di pintu-pintu rakyat akan semakin intens dilakukan

Antusiasme rakyat terhadap kepemimpinan Ganjar Pranowo akan semakin meningkat setelah Ganjar menyelesaikan tanggung jawabnya sebagai Gubernur Jateng tanggal 5 September 2023 yang akan datang.

“Setelah itu Ganjar Pranowo dengan stamina tinggi akan semakin masif bergerak. Di sinilah rekam jejak, karakter, daya juang, dan visi masa depan Ganjar Pranowo akan menjadi kunci dalam kontestasi Pilpres,” pungkas Hasto.(faz/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Senin, 20 Mei 2024
28o
Kurs