Selasa, 30 April 2024

Alumni Pertanian Indonesia Dukung Prabowo-Gibran Wujudkan Kedaulatan Pangan Lewat Food Estate

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Alumni Pertanian Indonesia 02 (API 02) mendeklarasikan dukungan untuk Prabowo-Gibran, Sabtu (3/2/2024), di Rumah Kertanegara, Jakarta Selatan. Foto: Farid suarasurabaya.net

Anak-anak muda sarjana pertanian yang tergabung dalam Alumni Pertanian Indonesia 02 (API 02) mendeklarasikan dukungan untuk Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka calon presiden dan calon wakil presiden nomor urut 2 di Pilpres 2024.

R.S Suroyo Deklarator API 02 mengatakan alasan pihaknya mendukung Prabowo-Gibran lantaran memiliki komitmen besar untuk mensejahterakan petani.

Dia berharap begitu Prabowo-Gibran terpilih sebagai presiden dan wakil presiden RI, akan lahir regulasi dan kebijakan yang pro terhadap petani.

“Saat Prabowo-Gibran terpilih, kami mendukung terciptanya petani modern dengan modernisasi alat pertanian, mendukung penerapan smart farming, mendukung lahirnya UU Pertanian Berkelanjutan, hingga hilirisasi pertanian untuk ciptakan nilai tambah,” ujarnya di Rumah Kertanegara, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Sabtu (3/2/2024).

Lebih lanjut, Suroyo menegaskan pihaknya juga mendukung upaya Prabowo-Gibran dalam memutus ketergantungan terhadap impor. Salah satunya melalui kebijakan lumbung pangan nasional atau food estate.

“Kami yakin Prabowo-Gibran bisa mewujudkan swasembada pangan dan kesejahteraan petani melalui food setate,” ucapnya.

Deklarasi dukungan API 02 secara resmi diterima Budisatrio Djiwandono Komandan Bravo Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran.

Pada kesempatan itu, Budi mengaku gembira menerima aktivis-aktivis muda sarjana pertanian yang datang untuk mendukung Prabowo-Gibran.

Menurutnya, pertanian menjadi salah satu sektor yang menyedot perhatian Prabowo Subianto. Kecintaan Prabowo terhadap dunia pertanian ditunjukkan sejak masih aktif sebagai Prajurit TNI sampai sekarang.

“Bicara kedaulatan pangan dan kedaulatan negara, ini yang Pak Prabowo perjuangkan sejak masih di TNI hingga setelah pensiun. Pertanian adalah fokus dan kecintaannya sampai hari ini,” katanya.

Budi menambahkan, sektor pertanian tengah menghadapi tantangan besar. Mulai dari ancaman alih fungsi lahan, fluktuasi harga komoditas pertanian, ketersediaan pupuk murah untuk petani, hingga perubahan iklim yang memengaruhi produktivitas lahan pertanian.

Wakil Ketua Komisi IV DPR RI itu optimistis di bawah kepemimpinan Prabowo-Gibran, berbagai persoalan yang menghantui sektor pertanain akan terurai. Sehingga, sektor tersebut bisa memberikan kontribusi besar terhadap perekonomian nasional.

“Kami percaya hanya pasangan Prabowo-Gibran yang paham, mengerti, dan bisa mengimplementasikan penyempurnaan di sektor pertanian. Saat Prabowo-Gibran dilantik, teman-teman anak-anak muda sarjana pertanian yang hadir hari ini yang akan berpartisipasi aktif membantu wujudkan kedaulatan pangan di Indonesia,” tandasnya.(rid/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Selasa, 30 April 2024
26o
Kurs